Sosial

Di Bawah Ini Yang Merupakan Jenis Kalimat Definisi Adalah…

×

Di Bawah Ini Yang Merupakan Jenis Kalimat Definisi Adalah…

Sebarkan artikel ini

Kalimat definisi adalah bentuk kalimat yang menjelaskan makna, asal-usul, atau ciri-ciri dari sebuah kata atau frase. Melalui kalimat definisi, seseorang bisa lebih memahami konsep atau topik yang sedang dibicarakan. Jadi, kalimat definisi merupakan penjelas, pembuka wawasan, dan pemberi informasi untuk pembaca atau pendengar.

Seperti halnya kalimat lainnya, kalimat definisi juga memiliki ciri-ciri dan jenis-jenisnya. Di bawah ini adalah beberapa jenis kalimat definisi yang paling umum:

1. Definisi Stipulatif

Definisi yang mencoba untuk menetapkan makna suatu istilah untuk pertama kali atau memberikan interpretasi baru bagi suatu istilah yang sudah ada. Misalnya, “Orangutan adalah primate yang asli dari Indonesia dan Malaysia.”

2. Definisi Leksikal

Definisi yang memberikan penjelasan berdasarkan standar yang diakui secara luas atau berdasarkan definisi yang ditemukan dalam kamus. Contoh, “Kemeja adalah pakaian yang melapisi bagian atas tubuh, memiliki lengan dan biasanya dilengkapi kancing di bagian depan.”

3. Definisi Deskriptif

Melibatkan penjelasan tentang bagaimana sebuah konsep atau istilah sering digunakan dalam percakapan atau tulisan sehari-hari. Misalnya, “Cinta adalah perasaan hangat dan dalam terhadap orang lain.”

4. Definisi Teoritis

Menjelaskan bagaimana sebuah istilah digunakan dalam kerangka teori atau konteks ilmiah tertentu. Contoh, “Relativitas adalah teori fisika yang dicetuskan oleh Albert Einstein, menjelaskan tentang hubungan antara ruang dan waktu.”

5. Definisi Persuasif

Berusaha untuk mempengaruhi sikap atau pandangan pembaca atau pendengar terhadap istilah atau konsep yang didefinisikan, biasa digunakan dalam argumen. Sebagai contoh, “Demokrasi adalah sistem paling adil, di mana setiap orang memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan.”

Masing-masing jenis definisi digunakan dalam konteks yang berbeda dan memiliki tujuan tertentu. Pun begitu, tujuannya tetap sama: untuk menjelaskan dan memberikan gambaran yang lebih jelas kepada pembaca atau pendengar tentang apa yang dimaksud dengan suatu istilah atau konsep.

Jadi, jawabannya apa? Jenis kalimat definisi adalah definisi stipulatif, leksikal, deskriptif, teoritis, dan persuasif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *