Sekolah

Ibu Guru Akan Membagikan 48 Penghapus, 54 Pensil, dan 72 Buku ke Panti Asuhan. Ternyata Setiap Panti Asuhan Menerima Jenis dan Jumlah yang Sama Banyak. Berapa Jumlah Panti Asuhan Tersebut?

×

Ibu Guru Akan Membagikan 48 Penghapus, 54 Pensil, dan 72 Buku ke Panti Asuhan. Ternyata Setiap Panti Asuhan Menerima Jenis dan Jumlah yang Sama Banyak. Berapa Jumlah Panti Asuhan Tersebut?

Sebarkan artikel ini

Pendidikan adalah salah satu pilar penting dalam pembentukan karakter dan kualitas sumber daya manusia. Sayangnya, tidak semua anak mendapatkan akses yang sama terhadap pendidikan, termasuk mereka yang tinggal di panti asuhan. Mengatasi hal ini, seorang ibu guru memutuskan untuk berbagi sejumlah alat belajar ke beberapa panti asuhan.

Ibu guru tersebut memiliki 48 penghapus, 54 pensil, dan 72 buku yang akan ia berikan. Uniknya, ia berencana bahwa setiap panti asuhan yang dituju harus menerima jenis dan jumlah yang sama banyak. Dengan ini, berarti ada suatu perhitungan yang harus kita lakukan untuk mengetahui berapa jumlah panti asuhan yang akan dibantu oleh bakti sosial ibu guru ini.

Untuk mengetahui jumlah panti asuhan tersebut, kita perlu mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dari jumlah penghapus, pensil, dan buku tersebut. FPB adalah cara untuk mengetahui sebuah angka terbesar yang dapat membagi habis beberapa buah angka.

Jadi, langkah pertama adalah mencari FPB dari 48, 54, dan 72. Setelah kita lakukan perhitungan, didapatkan FPB yang membagi habis ketiga angka tersebut adalah 6.

Dengan cara ini, maka bisa diketahui bahwa jumlah panti asuhan yang akan menerima bantuan alat tulis dari ibu guru ini adalah:

  • Jumlah penghapus dibagi FPB: 48 / 6 = 8 panti asuhan
  • Jumlah pensil dibagi FPB: 54 / 6 = 9 panti asuhan
  • Jumlah buku dibagi FPB: 72 / 6 = 12 panti asuhan

Jika kita perhatikan, ada perbedaan jumlah panti asuhan dalam distribusi alat tulis tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa ada kesalahan dalam perhitungan awal kita.

Namun, jika kita kembali melihat persoalan ini, tampaknya ada satu kata kunci yang belum kita gunakan, yaitu “setiap panti asuhan menerima jenis dan jumlah yang sama banyak”. Jadi, seharusnya jumlah panti asuhan adalah angka yang sama ketika kita bagi jumlah penghapus, pensil, dan buku.

Jadi, jawabannya apa?

Jawabannya adalah jumlah panti asuhan yang bisa dibantu adalah berdasarkan FPB terkecil dari jumlah penghapus, pensil, dan buku. Jadi FPB yang benar adalah 6, dimana 48 (penghapus), 54 (pensil), dan 72 (buku) bisa dibagi habis dengan 6. Jadi jumlah panti asuhan yang menerima bantuan adalah 6.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *