Sosial

Nilai-nilai yang Terkandung pada Pancasila Memiliki Sifat Universal atau Objektif Hal ini Dikarenakan Pancasila Mempunyai Kedudukan yang Penting Bagi Bangsa Indonesia. Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara adalah?

×

Nilai-nilai yang Terkandung pada Pancasila Memiliki Sifat Universal atau Objektif Hal ini Dikarenakan Pancasila Mempunyai Kedudukan yang Penting Bagi Bangsa Indonesia. Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara adalah?

Sebarkan artikel ini

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila dirumuskan dengan bijaksana dan pengertian mendalam tentang karakter, kebutuhan dan aspirasi bangsa. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tidak hanya mencerminkan pandangan dunia khas Indonesia, tetapi juga memiliki sifat yang universal atau objektif.

Pancasila juga lebih dari sekedar rangkaian konsep atau simbol sosial. Nilai-nilai yang disematkan dalam Pancasila merupakan ajaran yang hidup dan relevan untuk membimbing setiap perilaku individu dan kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika Pancasila memiliki kedudukan yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai Dasar Negara

Sebagai dasar negara, Pancasila memiliki sejumlah fungsi penting. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Sebagai Sumber dari segala sumber hukum dan kekuasaan: Pancasila menjadi sumber atau asal mula dari semua hukum dan kekuasaan dalam negara Indonesia. Semua peraturan dan kebijakan yang dibuat harus berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila.
  2. Pedoman hidup berbangsa dan bernegara: Pancasila menjadi pedoman dalam hidup berbangsa dan bernegara. Pancasila menuntut rakyatnya untuk hidup dalam keadilan sosial, menjunjung tinggi kemanusiaan, dan menciptakan perdamaian.
  3. Pemersatu bangsa: Indonesia adalah negara dengan keberagaman yang luar biasa, baik dalam hal suku, agama, ras, maupun antar golongan. Pancasila dengan kesederhanaan dan keuniversalan nilai-nilainya menjadi pemersatu bangsa dalam keragaman tersebut.
  4. Penjaga jati diri bangsa: Pancasila menjadi penjaga jati diri bangsa Indonesia dalam menghadapi globalisasi dan berbagai tantangan lainnya.

Oleh karena itu, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila memiliki sifat universal atau objektif. Pancasila merupakan identitas bangsa Indonesia, yang dalam pelaksanaannya, berpegang teguh pada nilai-nilai kebajikan dan berlandaskan kemanusiaan yang adil dan beradab. Sebagai dasar negara, Pancasila memandu tata pergaulan masyarakat, berbangsa dan bernegara, serta menjadi sumber hukum dan kekuasaan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *