Sekolah

Setelah Tugas Pekerjaan Selesai Dikerjakan Maka Akan Dilanjutkan dengan Perumusan Kesimpulan Untuk Dilaporkan Atau Dipresentasikan, Maka Tindakan Ini Merupakan Fungsi Manajemen Apa?

×

Setelah Tugas Pekerjaan Selesai Dikerjakan Maka Akan Dilanjutkan dengan Perumusan Kesimpulan Untuk Dilaporkan Atau Dipresentasikan, Maka Tindakan Ini Merupakan Fungsi Manajemen Apa?

Sebarkan artikel ini

Manajemen organisasi adalah proses mengatur pekerjaan dan anggota sebuah organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen yang efektif mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, dan fungsi yang paling penting setelah tugas pekerjaan selesai yaitu pengambilan kesimpulan atau evaluasi. Tindakan ini merupakan fungsi manajemen Pengawasan (Evaluasi).

Fungsi Pengawasan dalam Manajemen

Pengawasan atau evaluasi dalam manajemen adalah proses membandingkan hasil yang telah dicapai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Fungsi ini bertujuan untuk menilai sejauh mana keberhasilan pekerjaan yang telah dilakukan.

Setelah suatu tugas atau proyek selesai, manajer dan timnya perlu melakukan evaluasi atau pengawasan. Mereka perlu melihat apakah hasil yang telah dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan atau tidak. Hal ini penting untuk mengetahui apakah ada penyesuaian atau perubahan yang perlu dilakukan di masa mendatang.

Evaluasi ini kemudian akan dirumuskan dalam bentuk sebuah kesimpulan yang nantinya akan dilaporkan atau dipresentasikan. Dalam konteks ini, manajer dan timnya perlu membuat laporan atau presentasi yang efektif yang mencakup apa yang telah dicapai, apa yang bekerja dan apa yang tidak, dan apa rencana tindak lanjut yang akan dilakukan.

Manfaat Fungsi Pengawasan

Berikut beberapa manfaat fungsi pengawasan dalam manajemen:

  1. Upsoting: Memastikan bahwa semua aktivitas berjalan sesuai rencana dan tujuan yang telah ditetapkan. Ini membantu dalam identifikasi masalah atau hambatan yang dapat menghambat pencapaian tujuan.
  2. Feed Back: Feedback dapat diberikan kepada anggota tim mengenai bagaimana kinerja mereka dan area mana yang perlu ditingkatkan. Ini membantu dalam motivasi dan peningkatan kinerja.
  3. Perbaikan Kesalahan: Dalam proses evaluasi, kesalahan atau kekurangan dalam pelaksanaan pekerjaan dapat ditemukan. Dengan ini, langkah-langkah perbaikan dapat diambil untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan.
  4. Pembuatan Keputusan: Evaluasi membantu dalam pembuatan keputusan tentang langkah-langkah berikutnya yang perlu diambil.

Dengan demikian, fungsi pengawasan dalam manajemen adalah penting untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan efisien. Maka setelah tugas pekerjaan selesai dikerjakan, fungsi manajemen yang dilanjutkan dengan perumusan kesimpulan untuk dilaporkan atau dipresentasikan adalah fungsi pengawasan (evaluasi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *