Sekolah

Ayah Akan Membuat Sebuah Kolam Ikan Hias, Kolam Tersebut Berbentuk Lingkaran dengan Panjang Diameter 5,6 m. Berapa Luas Tanah yang Diperlukan untuk Membuat Kolam Tersebut?

×

Ayah Akan Membuat Sebuah Kolam Ikan Hias, Kolam Tersebut Berbentuk Lingkaran dengan Panjang Diameter 5,6 m. Berapa Luas Tanah yang Diperlukan untuk Membuat Kolam Tersebut?

Sebarkan artikel ini

Dalam merencanakan pembuatan kolam ikan hias, pemilihan bentuk dan ukuran yang tepat merupakan hal yang penting. Pada kasus ini, kolam ikan hias yang direncanakan oleh ayah berbentuk lingkaran dengan panjang diameter sebesar 5,6 meter. Maka, kita akan menghitung luas tanah yang diperlukan untuk kolam tersebut agar kita dapat mengestimasi berapa banyak tanah yang harus diolah serta berapa anggaran yang dibutuhkan.

Menghitung Luas Kolam Lingkaran

Untuk menghitung luas kolam ikan hias yang berbentuk lingkaran, kita perlu mengetahui rumus luas lingkaran. Rumus luas lingkaran adalah:

L = πr^2

di mana:

  • L adalah luas lingkaran,
  • π (pi) adalah konstanta matematis dengan nilai sekitar 3,14,
  • r adalah jari-jari lingkaran.

Untuk menghitung jari-jari lingkaran, kita bisa membagi diameter dengan 2:

r = d / 2

di mana:

  • r adalah jari-jari lingkaran,
  • d adalah diameter lingkaran.

Dalam kasus ini, diameter lingkaran (d) adalah 5,6 meter.

Maka, jari-jari lingkaran (r) adalah:

r = 5,6 / 2r = 2,8 m

Setelah kita mengetahui nilai jari-jari lingkaran, kita dapat menghitung luas kolam ikan hias yang berbentuk lingkaran dengan rumus luas lingkaran:

L = πr^2L = 3,14 × (2,8)^2L ≈ 24,63 m^2

Dari perhitungan di atas, didapatkan bahwa luas kolam ikan hias yang berbentuk lingkaran adalah sekitar 24,63 meter persegi.

Kesimpulan

Dengan panjang diameter 5,6 meter, luas tanah yang diperlukan untuk membuat kolam ikan hias yang berbentuk lingkaran adalah sekitar 24,63 meter persegi. Dalam merencanakan pembuatan kolam ikan hias, informasi ini sangat penting agar kita dapat menentukan berapa banyak tanah yang harus diolah serta berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pembuatan kolam tersebut. Selain itu, pemilihan bentuk dan ukuran kolam ikan hias yang tepat akan memberikan hasil yang optimal dan estetika bagi ikan hias yang akan dipelihara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *