Ilmu

Panjang Busur Seperempat Lingkaran yang Berjari-Jari 6 cm

×

Panjang Busur Seperempat Lingkaran yang Berjari-Jari 6 cm

Sebarkan artikel ini

Sebuah lingkaran merupakan bentuk yang sangat unik dan ajaib dalam matematika. Ada banyak aspek dalam lingkaran yang membangkitkan rasa penasaran, dan salah satunya adalah busur. Busur dalam konteks matematika adalah bagian dari keliling lingkaran atau suatu segmen garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai panjang busur seperempat lingkaran yang berjari-jari 6 cm.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengidentifikasi apa yang kita ketahui. Dari judul tersebut, kita sudah tahu bahwa kita berurusan dengan seperempat lingkaran dan lingkaran tersebut memiliki jari-jari yang panjangnya 6 cm.

Rumus umum untuk menghitung panjang busur lingkaran adalah:

L = 2πr (θ / 360°)

dimana:

  • L adalah panjang busur,
  • r adalah jari-jari lingkaran,
  • θ adalah sudut pusat (dalam derajat) yang dibentuk oleh busur tersebut.

Dalam kasus kita, karena kita berurusan dengan seperempat lingkaran, maka sudut pusat (θ) yang dibentuk adalah 90°. Sehingga, rumus untuk kasus kita menjadi:

L = 2π * 6 cm * (90° / 360°)

Dengan melakukan operasi matematika tersebut, kita dapat menemukan bahwa panjang busur seperempat dari lingkaran yang berjari-jari 6 cm adalah sebanding dengan 9.42 cm.

Jadi, melalui penggunaan rumus dan pengetahuan dasar tentang geometri, kita dapat menghitung panjang busur seperempat dari lingkaran dengan mudah bila kita mengetahui besarnya jari-jari lingkaran tersebut. Penting untuk diingat bahwa matematika adalah alat yang kuat yang dapat membantu kita memahami dan menjelaskan dunia di sekitar kita dengan lebih baik.

Jadi, jawabannya apa?

Jawabannya adalah panjang busur seperempat lingkaran yang berjari-jari 6 cm adalah sebanding dengan 9.42 cm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *