Diskusi

Jenis Olahraga yang merupakan Perpaduan Antara Bola Basket dan Sepak Bola serta Peraturan dalam Permainan Hampir Menyerupai Peraturan Sepak Bola

×

Jenis Olahraga yang merupakan Perpaduan Antara Bola Basket dan Sepak Bola serta Peraturan dalam Permainan Hampir Menyerupai Peraturan Sepak Bola

Sebarkan artikel ini

Tampaknya beberapa jenis olahraga dibuat untuk merepresentasikan gabungan dua atau lebih olahraga populer. Salah satunya adalah Futsal, sebuah olahraga yang bisa dibilang merupakan campuran antara bola basket dan sepak bola.

Futsal: Campuran Unik Bola Basket dan Sepak Bola

Futsal berasal dari kata “futbol de salon” dalam bahasa Spanyol, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi “indoor football”. Olahraga ini dikembangkan pertama kali di Uruguay pada 1930 oleh seorang pelatih, Juan Carlos Ceriani. Jenis olahraga ini biasanya dimainkan di ruangan tertutup dan lapangan yang lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepak bola biasa, dan memang cocok untuk dimainkan indoor seperti bola basket.

Apa yang membuat futsal terlihat seperti perpaduan antara sepak bola dan bola basket tidak hanya dari segi tempat bermainnya, tetapi juga dari segi teknis dan strategi permainannya. Di futsal, setiap tim diharuskan untuk bermain dengan formasi yang lebih rapat dan teknik yang lebih baik, mirip dengan gaya main bola basket.

Peraturan Permainan Futsal

Meski permainan futsal lebih menyerupai sepak bola, beberapa peraturannya memang mengadopsi bola basket. Misalnya, setiap tim hanya terdiri dari lima pemain, termasuk kiper, dan tim diperbolehkan melakukan pergantian pemain sebanyak-banyaknya selama pertandingan berlangsung, mirip dengan peraturan dalam bola basket.

Di sisi lain, futsal juga tetap mempertahankan beberapa peraturan dasar dari sepak bola. Misalnya, peraturan offside tidak berlaku di futsal. Peraturan tentang pelanggaran dan kartu juga tetap berlaku dan mirip dengan sepak bola.

Namun, ada peraturan spesifik futsal yang menjadikannya unik. Salah satunya adalah peraturan tentang backpass. Pada permainan sepak bola, pemain bebas melakukan passing bola ke penjaga gawang. Namun, dalam futsal, backpass hanya diizinkan sekali saat bertahan. Artinya, setelah penjaga gawang melepaskan bola, bola tidak bisa kembali kepadanya sampai tim lawan menyentuhnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa futsal adalah olahraga yang unik dan merupakan perpaduan antara bola basket dan sepak bola. Walaupun peraturannya hampir seperti sepak bola, namun ada beberapa peraturan yang mengadopsi dari bola basket dan beberapa peraturan khusus lainnya yang menjadikannya berbeda dan unik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *