Sekolah

Jaringan Telepon Seluler Berfungsi Untuk Berkomunikasi dengan Seseorang dari Jarak Jauh: Bagaimana Cara Kerja Sistem Wireless?

×

Jaringan Telepon Seluler Berfungsi Untuk Berkomunikasi dengan Seseorang dari Jarak Jauh: Bagaimana Cara Kerja Sistem Wireless?

Sebarkan artikel ini

Jaringan telepon seluler telah merevolusi cara kita berkomunikasi. Jalur komunikasi tidak lagi dibatasi oleh kabel fisik atau jarak geografis. Dengan adanya telepon seluler, komunikasi dapat dilakukan dari hampir setiap lokasi di dunia, selama ada cakupan jaringan. Sistem yang terlibat di dalam proses ini dikenal sebagai sistem wireless atau sistem nirkabel, namun bagaimana sebenarnya sistem ini bekerja? Lebih jauh lagi, apa makna dari konsep bahwa “pengirim harus tetap tercakup dalam…” dalam konteks jaringan telepon seluler?

Mendefinisikan Sistem Wireless

Secara khusus, istilah ‘wireless’ merujuk pada bentuk komunikasi atau transmisi yang tidak memerlukan medium fisik seperti kabel untuk mewujudkannya. Dalam konteks telepon seluler, ini berarti bahwa baik panggilan, pesan teks, dan data internet dikirim dari satu titik ke titik lain melalui gelombang elektromagnetik.

Bagaimana Sistem Wireless Bekerja?

Telepon seluler bekerja dalam apa yang disebut ‘sel-sel’ dari cakupan jaringan. Setiap ‘sel’ adalah wilayah cakupan yang disediakan oleh satu atau lebih antena. Saat seseorang melakukan panggilan atau mengirim pesan, signal tersebut dikirim ke antena terdekat. Antena kemudian mengirim signal ini ke pusat komunikasi, atau dikenal sebagai pusat switching, yang kemudian memandu signal ini ke antena lain yang dekat dengan penerima panggilan atau pesan.

Sel-sel ini berfungsi sebagai cakupan jaringan dalam sistem wireless. Ini adalah apa yang dimaksud dengan konsep bahwa “pengirim harus tetap tercakup dalam…” dalam konteks ini. Selama pengirim bersumber dan penerima berada dalam cakupan jaringan – dengan kata lain, selama mereka berada dalam salah satu dari sel-sel ini – panggilan atau pesan bisa dikirim dan diterima.

Namun, ini juga berarti bahwa jika pengirim atau penerima berada di luar wilayah yang dicakup oleh jaringan ini, tidak ada cara untuk mengirim atau menerima panggilan atau pesan. Itulah sebabnya masalah cakupan jaringan sering kali menjadi tantangan di area rural atau terpencil.

Kesimpulan

Jaringan telepon seluler memiliki peran penting dalam membantu kita berkomunikasi dengan seseorang dari jarak jauh melalui sistem wireless. Sementara jaringan ini memiliki keterbatasan dalam hal cakupan, peningkatan terus menerus dalam teknologi dan infrastruktur telah memungkinkan untuk keterjangkauan komunikasi yang semakin luas dan serbaguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *