Sekolah

Lama Permainan Bola Basket Ditentukan dengan Menggunakan

×

Lama Permainan Bola Basket Ditentukan dengan Menggunakan

Sebarkan artikel ini

Bola basket telah menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia, yang diciptakan oleh Dr. James Naismith pada tahun 1891. Selain teknik dan strategi yang dibutuhkan, satu aspek penting yang menjadi bagian dari permainan ini adalah durasi waktu permainannya. Lama permainan bola basket ditentukan dengan menggunakan sistem waktu khusus yang berdasarkan pada aturan yang telah ditetapkan oleh federasi bola basket internasional.

Salah satu federasi paling signifikan dalam bola basket adalah National Basketball Association (NBA) di Amerika Serikat dan Federasi Bola Basket Internasional, dikenal juga sebagai FIBA. Kedua badan ini memiliki peraturan mereka sendiri untuk menentukan durasi sebuah pertandingan bola basket.

National Basketball Association (NBA)

Pada NBA, satu pertandingan bola basket normal terdiri dari empat kuarter, di mana setiap kuarter berlangsung selama 12 menit. Jika pertandingan berakhir seri, maka ditambahkan waktu tambahan (overtime) selama 5 menit, hingga ada tim yang memimpin.

Federasi Bola Basket Internasional (FIBA)

Sementara itu, dalam pertandingan yang diatur oleh FIBA, permainan bola basket terbagi menjadi empat kuarter, tetapi setiap kuarter hanya berlangsung selama 10 menit. Jika skor pertandingan imbang di akhir kuarter keempat, maka permainan akan dilanjutkan dengan waktu tambahan selama 5 menit.

Perlu dicatat bahwa antara satu kuarter dengan kuarter berikutnya, ada waktu istirahat. Dalam NBA, istirahat antara kuarter pertama dan kedua, serta antara kuarter ketiga dan keempat, berlangsung selama 130 detik. Sedangkan istirahat di paruh waktu berlangsung selama 15 menit. Sementara itu, waktu istirahat dalam pertandingan di bawah FIBA adalah 2 menit antara kuarter pertama dan kedua, serta antara kuarter ketiga dan keempat, dan 15 menit di paruh waktu.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menentukan lama permainan bola basket adalah waktu bola mati, waktu teknikal, dan timeout yang diambil oleh setiap tim. Waktu ini juga memengaruhi durasi total dari sebuah pertandingan. Dalam kebanyakan kasus, pertandingan bola basket bisa berlangsung lebih dari satu jam.

Jadi, bagaimana dengan dirinya sendiri, mencoba memahami serta mengetahui seberapa lama suatu pertandingan bola basket berlangsung adalah sesuatu yang penting. Baik itu ketika menjadi seorang pemain, pelatih, atau sekedar penggemar, mengetahui durasi permainan ini adalah tuntutan dalam memahami dan menikmati permainan bola basket.

Jadi, jawabannya apa? Lama permainan bola basket ditentukan dengan menggunakan berbagai faktor, termasuk kuarter, waktu tambahan (overtime), waktu istirahat, dan berbagai faktor lain seperti waktu bola mati dan timeout. Sekarang anda telah mengetahui bagaimana lama permainan bola basket ditentukan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *