Ilmu

Berdasarkan Tingkat Pemenuhan Kebutuhannya, Manusia Memiliki Kebutuhan Primer, Kenapa Kebutuhan Primer Ini Penting?

×

Berdasarkan Tingkat Pemenuhan Kebutuhannya, Manusia Memiliki Kebutuhan Primer, Kenapa Kebutuhan Primer Ini Penting?

Sebarkan artikel ini

Manusia, sebagai makhluk hidup, memiliki beragam kebutuhan yang harus dipenuhi untuk melanjutkan kehidupannya. Menurut Abraham Maslow, teori psikolog humanistik Amerika, perlu ada pemenuhan hirarki kebutuhan manusia mulai dari kebutuhan dasar hingga kebutuhan aktualisasi diri. Dalam konteks ini, kita akan membahas tentang kebutuhan primer manusia dan pentingnya pemenuhan kebutuhan ini.

Kebutuhan Primer Manusia

Kebutuhan primer atau kebutuhan dasar adalah jenis kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh setiap individu agar dapat bertahan hidup. Kebutuhan primer ini termasuk pangan, papan (tempat tinggal), pakaian, dan kesehatan. Jika manusia tidak bisa memenuhi kebutuhan ini, maka akan sulit bagi mereka untuk bertahan hidup.

Pentingnya Pemenuhan Kebutuhan Primer

  1. Survival: Pemenuhan kebutuhan primer merupakan dasar bagi manusia untuk bertahan hidup. Tanpa pemenuhan dari kebutuhan ini, keberlanjutan hidup manusia akan terancam.
  2. Kesehatan: Kebutuhan primer seperti pangan dan kesehatan berkaitan erat dengan kondisi kesehatan seseorang. Pemenuhan nutrisi yang baik akan mendukung sistem imun dan menjaga tubuh tetap sehat.
  3. Stabilitas Emosional: Kebutuhan dasar seperti tempat tinggal memberikan seseorang rasa aman dan perlindungan, yang merupakan faktor penting dalam stabilitas emosional.
  4. Aktivitas Sosial: Setelah pemenuhan kebutuhan primer, manusia bisa lebih fokus pada kebutuhan sekunder dan tersier seperti interaksi sosial dan aktualisasi diri.

Kesimpulan

Sebagai dasar dari hirarki kebutuhan manusia, pemenuhan kebutuhan primer sangatlah penting. Tanpa pemenuhan kebutuhan ini, manusia akan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari, apalagi mencapai tujuan hidup dan aktualisasi diri. Oleh karena itu, setiap individu dan masyarakat harus menjamin pemenuhan kebutuhan primer ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *