Diskusi

Menghadapi Perubahan Teknologi: Tiga Strategi Efektif Menurut Michael E. Porter untuk Pertumbuhan Organisasi

×

Menghadapi Perubahan Teknologi: Tiga Strategi Efektif Menurut Michael E. Porter untuk Pertumbuhan Organisasi

Sebarkan artikel ini

Perubahan teknologi berarti perubahan dalam pola kerja, proses operasional, dan strategi perusahaan. Untuk bertahan dan tumbuh di tengah perubahan ini, baik organisasi pemerintah maupun swasta perlu menyesuaikan diri dan merumuskan strategi efektif. Michael E. Porter, seorang ahli teori manajemen ternama, telah menawarkan tiga strategi efektif untuk menghadapi perubahan teknologi: diferensiasi, fokus, dan kepemimpinan biaya.

Diferensiasi

Menurut Porter, diferensiasi mencakup pekerjaan menciptakan sesuatu yang dianggap unik di sepanjang seluruh industri. Biasanya, langkah ini melibatkan peningkatan kualitas produk atau jasa, peningkatan relevansi produk atau jasa, dan / atau peningkatan konektivitas dengan pelanggan. Teknologi baru dapat memfasilitasi diferensiasi ini dengan memungkinkan perusahaan membuat produk atau jasa unik atau lebih relevan, atau dengan menciptakan cara baru untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Fokus

Porter mendefinisikan fokus sebagai strategi di mana perusahaan memfokuskan upaya dan sumber dayanya pada segmen pasar tertentu. Argumen yang sering dikemukakan adalah bahwa peluang terbesar untuk menggambar profesi tidak selalu ada di pasar utama, tapi kadang-kadang bisa ditemukan di niche atau segmen pasar yang belum tersentuh atau kurang disasar oleh pesaing. Teknologi baru bisa membantu perusahaan lebih efektif menargetkan dan melayani segmen ini.

Kepemimpinan Biaya

Kepemimpinan biaya mengharuskan perusahaan untuk menjadi produsen biaya rendah di industrinya. Ini mungkin melalui efisiensi produksi, ekonomi skala, atau bahkan inovasi. Teknologi baru sering kali memfasilitasi kepemimpinan biaya dengan membuat proses lebih efisien, memperkuat ekonomi skala, atau bahkan memungkinkan jenis inovasi yang memungkinkan pengurangan biaya.

Dalam konteks perubahan teknologi, setiap strategi yang dikemukakan oleh Porter mempunyai relevansi yang besar. Organisasi yang menerapkan satu atau lebih strategi ini akan lebih siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh perubahan teknologi. Mereka juga akan lebih siap untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi karyawan dan pelanggan, sehingga memungkinkan mereka untuk bertahan dan tumbuh di tengah dunia yang terus berubah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *