Sosial

Apa Pulau di Indonesia yang Memiliki Populasi Terbanyak?

×

Apa Pulau di Indonesia yang Memiliki Populasi Terbanyak?

Sebarkan artikel ini

Indonesia adalah negara yang dikenal dengan julukan “Negeri Seribu Pulau”. Nyatanya, jumlah pulau yang dimiliki Indonesia jauh lebih banyak dari seribu. Menurut data dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, terdapat sekitar 17.508 pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Setiap pulau memiliki keunikan dan keindahan alam tersendiri, tidak terkecuali pulau-pulau dengan populasi terbanyak.

Pulau Jawa: Pulau dengan Populasi Terbanyak di Indonesia

Jika ditanya “Apa pulau di Indonesia yang memiliki populasi terbanyak?”, jawabannya adalah Pulau Jawa. Pulau ini menjadi jawaban tak terelakkan, karena memiliki populasi paling tinggi di antara pulau-pulau lainnya di Indonesia. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia pada tahun 2020 mencatat bahwa populasi di Pulau Jawa mencapai sekitar 151,1 juta jiwa.

Pulau Jawa terdiri atas enam provinsi, yakni Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Yogyakarta. Kelima provinsi tersebut memiliki jumlah populasi yang mendominasi dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia. Faktor-faktor pendukung tingginya jumlah populasi di Pulau Jawa antara lain adalah perkembangan ekonomi, infrastruktur, dan pendidikan yang lebih maju dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya. Selain itu, wilayah Pulau Jawa memiliki lahan pertanian yang subur serta industri-industri besar yang menarik banyak penduduk dari berbagai wilayah untuk mencari pekerjaan dan mengadu nasib.

Faktor lainnya yang membuat Pulau Jawa menjadi pulau dengan populasi terbanyak adalah tingkat urbanisasi yang tinggi. Banyak penduduk dari pulau lain atau daerah lain yang merantau ke Jawa untuk mencari kehidupan yang lebih baik, lebih banyak peluang kerja, dan fasilitas layanan publik yang lebih lengkap.

Penutup

Jadi, dengan segala keunikan dan fakta yang dimilikinya, Pulau Jawa menjadi jawaban dari pertanyaan “Apa pulau di Indonesia yang memiliki populasi terbanyak?”. Meski begitu, setiap pulau di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri, baik dari segi keindahan alam, kebudayaan, hingga nilai-nilai luhur yang dipegang teguh oleh masyarakatnya. Jadi, jawabannya apa? Pulau Jawa, adalah pulau di Indonesia dengan populasi terbanyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *