Ilmu

15 Peti Buah-buahan Beratnya 250 kg dan Setiap Peti Kosong Beratnya 3 kg, Berapakah Berat Buah-buahan itu?

×

15 Peti Buah-buahan Beratnya 250 kg dan Setiap Peti Kosong Beratnya 3 kg, Berapakah Berat Buah-buahan itu?

Sebarkan artikel ini

Mengukur berat total dari suatu benda adalah tugas yang relatif sederhana asalkan kita memiliki penimbangan yang tepat. Namun, ketika kita harus mengurangi berat beberapa komponen tambahan untuk mendapatkan hasil akhir, hal-hal bisa menjadi sedikit lebih rumit. Sejenis masalah tersebut adalah yang terkandung dalam pertanyaan ini – “15 peti buah-buahan beratnya 250 kg dan setiap peti kosong beratnya 3 kg, berapakah berat buah-buahan itu?”

Untuk memahami bagaimana kita bisa mencapai jawabannya, mari kita pecah pertanyaan ini menjadi beberapa bagian.

Pertama-tama, kita mengetahui bahwa total berat peti buah-buahan adalah 250 kg. Artinya, berat total dari buah-buahan dan peti bersama-sama mencapai 250 kg.

Kedua, kita tahu bahwa setiap peti kosong memiliki berat 3 kg. Diketahui juga ada 15 peti, jadi total berat peti kosong adalah 15 peti x 3 kg/peti = 45 kg.

Untuk mencari berat buah-buahan, kita harus mengurangi berat total peti (250 kg) dengan berat total peti kosong (45 kg).

250 kg (berat total peti) – 45 kg (berat total peti kosong) = 205 kg

Jadi, berat buah-buahan dalam peti adalah 205 kg.

Dengan cara ini, pertanyaan “15 peti buah-buahan beratnya 250 kg dan setiap peti kosong beratnya 3 kg, berapakah berat buah-buahan itu?” bisa dipecah menjadi tiga langkah sederhana: mengidentifikasi informasi penting, melakukan perhitungan awal, dan akhirnya melakukan pengurangan untuk mendapatkan hasil akhir. Dengan keterampilan matematika dasar, masalah serupa juga dapat dipecahkan dengan mudah.

Jadi, setiap kali Anda memiliki banyak peti buah-buahan dan ingin mengetahui berat total buah-buahannya, cukup ingat untuk mengurangi berat total dengan berat peti kosong!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *