Diskusi

Indonesia Menganut Bentuk Kedaulatan Rakyat: Penegasan Tersebut Tercantum dalam UUD NRI Tahun 1945, Yaitu

×

Indonesia Menganut Bentuk Kedaulatan Rakyat: Penegasan Tersebut Tercantum dalam UUD NRI Tahun 1945, Yaitu

Sebarkan artikel ini

Republik Indonesia dikenal sebagai negara yang menganut sistem kedaulatan rakyat. Maksudnya, kedaulatan berada di tangan rakyat Indonesia, sesuai dengan asas demokrasi. Salah satu hal yang menguatkan paham ini adalah adanya penegasan tersebut dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 atau UUD NRI 1945.

Apa Itu Kedaulatan Rakyat?

Menurut ilmu politik, kedaulatan rakyat adalah suatu konsep di mana kekuasaan tertinggi dalam sebuah negara berada di tangan rakyat. Artinya, dalam menjalankan roda pemerintahan, setiap kebijakan yang diambil harus memperhatikan dan menyuarakan kepentingan rakyat.

Ide dasar kedaulatan rakyat dituangkan oleh tokoh-tokoh filsafat politik seperti Rousseau, yang mengungkapkan bahwa kekuasaan berada pada rakyat dan untuk rakyat. Konsep ini mengacu pada pemahaman bahwa rakyat memiliki hak untuk menentukan nasib dan kebijakan negara mereka, serta memiliki partisipasi dalam proses pengambilan keputusan.

Penegasan dalam UUD NRI Tahun 1945

Perwujudan kedaulatan rakyat di Indonesia bisa kita temui dalam UUD NRI Tahun 1945. Penegasan ini terdapat dalam Pasal 1 ayat (2) yang berbunyi: “Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilakukan menurut Undang-Undang Dasar.”

Ayat ini menggambarkan prinsip bahwa kekuasaan tertinggi ada pada rakyat Indonesia. Oleh karena itu, setiap kebijakan dan aksi pemerintah harusnya berasal dari, oleh dan untuk kepentingan rakyat. Hal ini juga melambangkan bagaimana konsep demokrasi dipraktikkan dalam sistem pemerintahan di Indonesia, yakni melalui pemilihan umum, di mana rakyat memilih perwakilan mereka untuk berpartisipasi dalam membuat dan menentukan kebijakan negara.

Pentingnya Kedaulatan Rakyat

Menganut konsep kedaulatan rakyat membuat perwakilan rakyat memiliki tanggung jawab untuk merumuskan dan menentukan hukum dan kebijakan yang sesuai dengan kepentingan rakyat. Prinsip ini mengaki bahwa kekuasaan sejatinya berada di tangan rakyat dan setiap kebijakan yang dibuat harus selaras dengan kebutuhan dan harapan mereka.

Sebagai tambahan, kedaulatan rakyat membuka ruang bagi partisipasi publik dalam proses demokrasi. Hal ini memungkinkan rakyat untuk ikut serta pada tiap tingkat pengambilan keputusan di negara, melalui pemilihan umum atau melalui mekanisme lain seperti masyarakat madani dan partisipasi publik dalam legislasi.

Kesimpulan

Jadi, Republik Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi sistem kedaulatan rakyat, sesuai yang dituangkan dalam UUD NRI Tahun 1945. Prinsip ini mengedepankan pentingnya partisipasi rakyat dalam setiap kebijakan dan keputusan, menunjukkan bahwa kekuasaan berasal dari, oleh dan untuk rakyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *