Ilmu

Mengajak Teman atau Orang Lain dalam Penyelesaian Tugas Kelompok Merupakan Contoh dari Fungsi Manajemen

×

Mengajak Teman atau Orang Lain dalam Penyelesaian Tugas Kelompok Merupakan Contoh dari Fungsi Manajemen

Sebarkan artikel ini

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian upaya anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan. Salah satu contoh penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam kehidupan sehari-hari adalah saat mengajak teman atau orang lain dalam penyelesaian tugas kelompok.

Mengajak Teman atau Orang Lain dalam Tugas Kelompok

Mengajak teman atau orang lain untuk terlibat dalam tugas kelompok menunjukkan praktik pengorganisasian dan pengarahan. Pengorganisasian melibatkan penentuan tugas dan tanggung jawab setiap anggota tim. Anda menjumlahkan orang-orang yang dibutuhkan dan memastikan mereka memiliki keahlian dan pengetahuan yang relevan untuk sukses dalam peran mereka.

Pengarahan, pada gilirannya, berhubungan dengan komunikasi dan motivasi. Pertama, penyelesaian tugas kelompok membutuhkan komunikasi yang baik di antara anggotanya. Anda perlu menjelaskan tujuan dan harapan, membagi tanggung jawab, dan menyesuaikan setiap perbedaan pendapat atau pendekatan. Kedua, motivasi perlu dipertimbangkan. Anda mungkin perlu mendorong partisipasi dan mengatasi kendala atau hambatan yang mungkin ada.

Relevansi dengan Fungsi Manajemen

Mengajak teman atau orang lain dalam penyelesaian tugas kelompok menunjukkan paling tidak dua dari empat fungsi manajemen, yaitu pengorganisasian dan pengarahan. Selain itu, dua fungsi lainnya juga mungkin terlibat:

  1. Perencanaan: Perencanaan memberikan arah bagi grup. Ini melibatkan penentuan tujuan dan bagaimana mencapainya. Dalam konteks tugas kelompok, perencanaan dapat mencakup identifikasi dan pemahaman tentang apa yang perlu dicapai, jenis tugas yang dibutuhkan, dan batas waktu.
  2. Pengendalian: Pengendalian melibatkan pengawasan dan penyesuaian aktivitas organisasi untuk memastikan pencapaian tujuan tepat waktu dan dalam standar yang ditetapkan. Dalam penyelesaian tugas kelompok, pengendalian dapat berarti memantau kemajuan tugas, memberikan masukan dan umpan balik, serta memastikan bahwa semua anggota berkontribusi dan tugas diselesaikan tepat waktu.

Dengan demikian, mengajak teman atau orang lain dalam penyelesaian tugas kelompok bukan hanya tentang kerja sama dan kolaborasi. Itu juga menggambarkan bagaimana konsep dan fungsi manajemen – perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian – dapat diterapkan dalam berbagai situasi dalam kehidupan nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *