Ilmu

Paman Khadijah yang Memberitahu Tentang Diangkatnya Muhammad Sebagai Rasul Bernama

×

Paman Khadijah yang Memberitahu Tentang Diangkatnya Muhammad Sebagai Rasul Bernama

Sebarkan artikel ini

Dalam sejarah Islam, peran dari individu-individu di sekitar Nabi Muhammad sangat penting, termasuk paman Khadijah sendiri. Paman Khadijah, wanita kuat dan berpengaruh yang menjadi istri pertama Nabi Muhammad, dinilai berperan penting dalam penyebaran agama Islam ini. Namun, apakah nama paman Khadijah yang memberitahu tentang diangkatnya Muhammad sebagai rasul?

Paman Khadijah yang memberitahu tentang diangkatnya Muhammad sebagai rasul adalah Waraqah bin Naufal.

Waraqah bin Naufal: Sepupu dan Paman Mujuruida Khadijah

Waraqah bin Naufal adalah seorang pemuka agama Nasrani dan seorang pujangga serta penulis naskah Injil dalam bahasa Ibrani. Dia adalah sepupu sekaligus menjadi paman Khadijah melalui pernikahan Khadijah dengan sepupunya. Waraqah adalah seorang yang sangat terpelajar, khususnya dalam studi agama, dan selalu menghabiskan waktunya untuk meditasi dan mempelajari kitab-kitab agama lainnya.

Peran Waraqah bin Naufal Bei Saat Muhammad Diangkat Sebagai Rasul

Ketika Muhammad menerima wahyu pertama di Hira, beliau sangat khawatir dan bingung. Saat itu, Khadijah mencoba untuk memberikan dukungan dan menenangkan Muhammad. Setelah merasa tidak mampu memberikan penjelasan lebih lanjut, Khadijah membawa Muhammad kepada Waraqah bin Naufal.

Pada saat pertemuan ini, Waraqah bin Naufal memberikan penjelasan kepada Muhammad bahwa apa yang dialami oleh Muhammad adalah wahyu yang sama yang pernah diterima oleh para nabi sebelumnya. Dia jugalah yang pertama menyakini bahwa Muhammad telah diangkat menjadi rasul oleh Tuhan.

Maka dari itu, Waraqah bin Naufal tidak hanya berperan sebagai paman Khadijah tetapi juga sebagai orang yang memberikan penjelasan dan penegasan kepada Muhammad tentang tugas sebagai rasul.

Kesimpulan

Waraqah bin Naufal, sebagai paman Khadijah, berperan penting dalam sejarah awal penyebaran Islam. Pengakuan dan penjelasannya atas apa yang dialami Nabi Muhammad menjadi sebuah validasi berharga dalam perjalanan agama ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *