Ilmu

Perang Penghapusan Budak di Amerika Serikat Terjadi pada Waktu Pemerintahan

×

Perang Penghapusan Budak di Amerika Serikat Terjadi pada Waktu Pemerintahan

Sebarkan artikel ini

Perang Penghapusan Budak di Amerika Serikat, biasa dikenal sebagai Perang Sipil Amerika, adalah konflik yang sangat penting dalam sejarah Amerika, di mana isu utamanya adalah perbudakan. Perang ini terjadi pada masa pemerintahan presiden ke-16 Amerika Serikat, Abraham Lincoln.

Presiden Abraham Lincoln dan Penghapusan Perbudakan

Abraham Lincoln memegang presiden mulai dari Tanggal 4 Maret 1861 hingga 15 April 1865. Dia dikenal sebagai tokoh sentral yang memimpin Amerika Serikat selama perang sipil dan berperan penting dalam penghapusan perbudakan.

Lincoln mengeluarkan Proklamasi Emansipasi pada 1 Januari 1863 yang merdeka perbudakan di negara-negara Pemberontak di tengah Perang Sipil. Meski proklamasi ini tidak langsung mengakhiri perbudakan di seluruh negara, tetapi membuka jalan menuju penghapusan perbudakan secara total.

Perang Sipil Amerika

Perang Sipil Amerika berlangsung dari tahun 1861 hingga 1865, dimana negara bagian utara dan selatan Amerika Serikat bertempur yang dipicu oleh perselisihan mengenai perbudakan, hak-hak negara bagian, dan isu politik dan ekonomi lainnya. Negara-negara bagian Selatan yang dikenal sebagai Konfederasi ingin mempertahankan sistem perbudakan, sedangkan negara-negara bagian Utara – yang dikenal sebagai Uni – berjuang untuk mengakhirinya.

Konsekuensi dan Penghapusan Perbudakan

Perang Sipil ini berakhir pada Tahun 1865 dengan kemenangan Uni. Tak lama setelah itu, perbudakan dicabut sepenuhnya di Amerika Serikat melalui Amendemen ke-13 pada konstitusi Amerika Serikat pada Desember 1865, yang secara resmi melarang dan mengakhiri perbudakan.

Dalam mengakhiri perbudakan, masa pemerintahan Abraham Lincoln sangat berpengaruh besar yang menjadikan momentum perang ini sebagai titik balik dalam sejarah Amerika Serikat, dimana negara ini secara resmi mengakhiri praktek perbudakan.

Sebagai penutup, perang penghapusan budak atau yang dikenal dengan Perang Sipil Amerika terjadi selama masa pemerintahan Presiden Abraham Lincoln, seorang tokoh sentral yang tak hanya memimpin Amerika Serikat selama perang ini, tetapi juga berperan penting dalam penghapusan perbudakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *