Ilmu

Pengaruh yang Diberikan oleh Pihak Lain Baik Itu Berupa Pandangan, Sikap, Maupun Perilaku Sehingga Orang yang Mendapat Pengaruh Tersebut Akan Mengikuti Tanpa Berpikir Panjang Disebut …

×

Pengaruh yang Diberikan oleh Pihak Lain Baik Itu Berupa Pandangan, Sikap, Maupun Perilaku Sehingga Orang yang Mendapat Pengaruh Tersebut Akan Mengikuti Tanpa Berpikir Panjang Disebut …

Sebarkan artikel ini

Efek dan pengaruh dari lingkungan sekitar, khususnya pengaruh sosial dari individu atau kelompok di masyarakat, sangat penting dalam membentuk pandangan, sikap, dan perilaku manusia. Orang yang menerima dan mengikuti pengaruh tersebut tanpa berpikir panjang biasanya dipengaruhi oleh proses tertentu. Proses ini umumnya mencakup komunikasi interpersonal, pengawasan sosial, dan peniruan atau meniru perilaku orang lain. Tetapi apakah sebutan yang tepat untuk fenomena ini?

Memahami Pengaruh Sosial

Pengaruh sosial dapat mempengaruhi individu dalam berbagai aspek kehidupan mereka yaitu dari pengambilan keputusan hinggaopinion pembentukan identitas. Ini adalah proses yang kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk norma sosial, budaya, dan tekanan kelompok. Pengaruh ini dapat mempengaruhi bagaimana seseorang berpikir, merasa, dan bertindak di masyarakat mereka.

Kepatuhan dan Konformitas

Banyak orang sering berbuat sesuatu atau berpikir dengan cara tertentu karena mereka diberi pengaruh oleh pihak lain. Mereka mungkin tidak secara pribadi setuju atau mendukung perilaku, sikap, atau pandangan tersebut, tetapi mereka masih mengikutinya. Fenomena ini, di mana individu mengubah perilaku mereka untuk menyesuaikan diri dengan harapan atau standar kelompok, dikenal sebagai konformitas.

Selain itu, ada juga apa yang disebut kepatuhan. Kepatuhan terjadi ketika individu mengubah perilaku mereka sebagai respons terhadap permintaan langsung dari orang lain, biasanya otoritas atau individu yang memiliki pengaruh.

Namun, perlu dicatat bahwa konformitas dan kepatuhan memiliki batas sendiri. Seseorang mungkin mengikuti pengaruh tanpa berpikir panjang, tetapi ketika mereka merasakan pengaruh tersebut mempengaruhi hak dasar mereka atau bertentangan dengan nilai dan keyakinan mereka, mereka mungkin akan berhenti mengikutinya.

Jadi, Jawabannya Apa?

Pengaruh yang diberikan oleh pihak lain baik itu berupa pandangan, sikap, maupun perilaku sehingga orang yang mendapat pengaruh tersebut akan mengikuti tanpa berpikir panjang, dalam bidang ilmu sosial, biasanya disebut dengan konformitas atau kepatuhan. Menyadari dan memahami fenomena ini sangat penting untuk membantu kita memahami bagaimana individu berinteraksi dalam masyarakat dan bagaimana lingkungan sosial kita membentuk perilaku kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *