Budaya

Mengapa Masyarakat Muslim Indonesia Semestinya Mempercayakan Transaksi?

×

Mengapa Masyarakat Muslim Indonesia Semestinya Mempercayakan Transaksi?

Sebarkan artikel ini

Hadirnya pesatnya perkembangan teknologi dalam dunia perbankan telah menjadi faktor penghambat bagi sebagian masyarakat, terutama bagi masyarakat Muslim di Indonesia. Tak sedikit yang merasa ragu, apakah sistem yang digunakan telah sesuai dengan prinsip-prinsip Islam atau belum. Oleh karenanya, penting untuk memahami mengapa masyarakat Muslim Indonesia sebaiknya mempercayakan transaksi mereka.

Bagaimana pun juga, semua masyarakat Muslim wajib mengikuti syariah Islam dalam semua aspek kehidupan, termasuk dalam transaksi keuangan dan perbankan. Jika dipikir kembali, makin banyaknya masyarakat yang tidak mengikuti syariah ini menunjukkan kurangnya pemahaman terhadap syariah itu sendiri dan mengapa hal tersebut penting.

Komitmen terhadap Syariah

Pertama-tama, mengapa masyarakat Muslim Indonesia semestinya mempercayakan transaksi mereka yaitu karena adanya komitmen terhadap syariah. Bank-bank yang beroperasi di bawah prinsip syariah memiliki komitmen untuk menjalankan dan mengekalkan prinsip-prinsip keadilan, transparansi, dan saling menguntungkan yang sejalan dengan syariah Islam.

Transaksi yang Halal

Selanjutnya, transaksi yang dilakukan di bawah naungan prinsip syariah akan memastikan semua transaksi dan produk yang ditawarkan halal dan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Contohnya seperti larangan mengambil keuntungan dari bunga atau usaha-usaha yang haram menurut syariah.

Keberkahan dan Manfaat

Masyarakat Muslim Indonesia juga mesti mempercayakan transaksi demi meraih keberkahan dan manfaat. Bermuamalah sesuai dengan tuntunan Islam tentunya akan mendatangkan berkah dan manfaat baik di dunia maupun akhirat.

Pengawasan dari Dewan Syariah

Keempat, adanya pengawasan ketat dari Dewan Syariah Nasional (DSN) dapat memberikan rasa aman dan kepercayaan bahwa prinsip-prinsip syariah benar-benar dijalankan. Nasabah tidak perlu khawatir akan adanya praktek yang tidak sesuai dengan syariah.

Sebagai Bentuk Dakwah

Terakhir dan tidak kalah penting, mempercayakan transaksi pada sistem syariah atau bertransaksi dengan cara-cara yang sesuai dengan syariah merupakan bentuk dakwah bagi umat Islam sendiri.

Dengan begitu, penting bagi masyarakat Muslim di Indonesia untuk mempercayakan transaksi mereka kepada sistem atau instansi yang menjalankan prinsip-prinsip syariah. Hal ini bukan hanya memberikan manfaat finansial, tetapi juga memberikan rasa aman dan hakiki berkat kesesuaian dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Tentunya, ini akan menjadi langkah positif dalam menjalankan ajaran Islam secara komprehensif dalam kehidayaan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *