Budaya

Berikut yang Tidak Termasuk Ciri Terjadinya Globalisasi

×

Berikut yang Tidak Termasuk Ciri Terjadinya Globalisasi

Sebarkan artikel ini

Globalisasi adalah suatu fenomena sosial budaya yang menandai semakin hilangnya batasan-batasan antar wilayah di dunia karena adanya interdependensi dan transnationalisme. Proses ini ditandai oleh peningkatan arus informasi, ide, uang, barang dan jasa, serta orang-orang yang melintasi batas-batas negara. Meskipun globalisasi sudah menjadi suatu kejadian yang lazim di abad ke-21 ini, masih ada beberapa orang yang masih belum sepenuhnya memahami apa yang dimaksud dengan globalisasi beserta ciri-cirinya.

Berikut ini adalah beberapa poin yang tidak termasuk sebagai ciri dari terjadinya globalisasi:

1. Isolasi Antar Bangsa

Salah satu hal yang paling sering disalahpahami tentang globalisasi adalah perasaan bahwa ia mendorong isolasi antar bangsa. Sebenarnya, keadaannya justru sebaliknya. Globalisasi mendorong terjadinya interaksi dan terbentuknya jaringan di antara berbagai bangsa di dunia. Jadi, isolasi antar bangsa bukanlah ciri dari terjadinya globalisasi.

2. Menyebabkan Ketidakadilan

Banyak yang berpendapat bahwa globalisasi menyebabkan ketidakadilan, baik dalam hal ekonomi maupun sosial. Meski memang ada beberapa aspek dari globalisasi yang bisa menimbulkan ketimpangan, ini bukan merupakan ciri globalisasi itu sendiri. Ketimpangan adalah hasil dari bagaimana suatu negara mengatur dan mengimplementasikan kebijakan dalam menghadapi globalisasi, bukan hasil dari globalisasi itu sendiri.

3. Memperkuat Dominasi Negara Maju

Mungkin ada yang berpendapat bahwa globalisasi memperkuat dominasi negara-negara maju terhadap negara-negara berkembang. Sebenarnya, skenario ini lebih merupakan dampak negative globalisasi bukan ciri khas globalisasi. Memang ada beberapa negara maju yang mendapat keuntungan lebih banyak dari globalisasi, namun ini bukanlah ciri yang melekat pada proses globalisasi itu sendiri.

4. Mendorong Homogenisasi Budaya

Walaupun budaya global semakin berkembang dan memengaruhi banyak masyarakat di berbagai belahan dunia, ini tidak berarti bahwa globalisasi mendorong homogenisasi budaya atau penghilangan budaya lokal. Globalisasi justru dapat mendorong terjadinya hibriditas budaya, di mana budaya lokal dan budaya asing berinteraksi dan saling mempengaruhi.

Globalisasi merupakan fenomena yang kompleks dan memiliki banyak dampak negatif dan positif. Mencoba untung memahami globalisasi hanya dari segi negatifnya juga tidak adil. Pendekatan yang lebih seimbang dan melihat dari berbagai sisi berbeda akan membantu kita memahami globalisasi lebih baik.

Jadi, jawabannya apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *