Ilmu

Berikut Bukan Topik yang Tepat untuk Karangan Deskripsi

×

Berikut Bukan Topik yang Tepat untuk Karangan Deskripsi

Sebarkan artikel ini

Karangan deskripsi adalah sebuah tulisan yang bertujuan untuk mendeskripsikan objek tertentu, baik itu berupa orang, tempat, hal, situasi, peristiwa, dan lain sebagainya. Dalam penulisan karangan deskripsi, fokus utamanya adalah pada detail-detail yang dapat membuat pembaca membayangkan seperti apa objek yang dideskripsikan tersebut.

Namun, tidak semua topik dapat digunakan dan berfungsi dengan baik untuk karangan deskripsi. Dalam hal ini, penulis harus berhati-hati dalam memilih topik yang akan digunakan. Seorang penulis dapat menemukan kesulitan jika memilih topik yang tidak bisa dideskripsikan secara rinci. Berikut ini adalah beberapa contoh topik yang bukan merupakan pilihan yang tepat untuk karangan deskripsi.

1. Abstraksi

Abstraksi, seperti kebenaran, keadilan, atau cinta, bukanlah topik yang baik untuk karangan deskripsi. Meski kita bisa mendeskripsikan manifestasi atau pengalaman-pengalaman yang berhubungan dengan konsep-konsep ini, untuk mendeskripsikan konsep abstrak itu sendiri adalah tugas yang jauh lebih sulit. Hal ini terutama diterapkan jika anda dituntut untuk mengeksplor dan mengekspresikan suatu unsur abstrak dalam bentuk yang konkret dan nyata.

2. Konsep Ilmiah yang Kompleks

Konsep ilmiah yang rumit dan kompleks, seperti teori relativitas, pengkodean genetik, atau mekanisme terjadinya supernova, juga bukan topik yang rumit untuk karangan deskripsi. Meskipun demikian, kami memberikan penjelasan tentang konsep ini dapat merupakan tantangan yang baik, namun kerumitan dan aspek teknis dari topik semacam ini dapat membuatnya sulit untuk dijelaskan dengan cara yang mudah dimengerti dan digambarkan oleh pembaca awam.

3. Penyakit atau Kondisi Medis

Penyakit atau kondisi medis juga bukanlah topik yang tepat untuk karangan deskripsi. Dalam hal ini, penting untuk mengingat bahwa tujuan dari karangan deskripsi adalah untuk memberikan gambaran atau penggambaran yang jelas dan mendetail. Dalam beberapa kasus, mendeskripsikan penyakit atau kondisi medis dengan rinci dapat menyebabkan beberapa pembaca merasa tidak nyaman atau bahkan mual.

Dalam penulisan karangan deskripsi, penting untuk memilih topik yang dapat dideskripsikan dengan detail dan jelas. Cobalah untuk menghindari topik yang sangat abstrak, sangat kompleks, atau mungkin menimbulkan keresahan di antara pembaca.

Jadi, jawabannya apa? Topik yang baik untuk karangan deskripsi adalah topik yang bisa anda bayangkan dan gambar dengan kata-kata dan bisa memberikan pembaca gambaran yang jelas dan terperinci. Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan pembaca dan apa yang mereka mungkin atau mungkin tidak ingin baca atau bayangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *