Ilmu

Sumber Yang Berasal Dari Orang Kedua Disebut Sumber….

×

Sumber Yang Berasal Dari Orang Kedua Disebut Sumber….

Sebarkan artikel ini

Sumber informasi adalah aspek penting dalam penulisan ilmiah, artikel, esai, maupun penelitian. Informasi dapat berasal dari berbagai sumber, seperti buku, artikel, wawancara, pidato, atau internet. Peran penting sumber informasi adalah memperkuat argumen dan memberikan bukti otentik atas klaim yang dibuat. Ada beberapa jenis sumber informasi yang penting untuk dipahami, salah satunya adalah sumber yang berasal dari orang kedua. Sumber yang berasal dari orang kedua ini di dunia akademi dikenal dengan istilah sumber sekunder.

Apa itu Sumber Sekunder?

Sumber sekunder adalah dokumen atau rekaman yang mengomentari, menganalisis, atau menafsirkan informasi atau sumber primer, yaitu sumber yang berasal langsung dari subjek atau orang pertama yang memiliki pengetahuan langsung tentang peristiwa atau fenomena tersebut. Contoh sumber primer adalah catatan asli, laporan penelitian mentah, wawancara langsung, atau dokumentasi foto dan video dari suatu kejadian.

Sedangkan sumber sekunder bisa berupa artikel review, buku teks, atau kritik sastra. Apakah suatu sumber dianggap primer atau sekunder dapat bergantung pada konteksnya. Sebagai contoh, jika Anda sedang meneliti tentang Perang Dunia II, maka satu buku tentang Perang Dunia II yang ditulis setelah kejadian tersebut oleh seorang sejarawan dapat dianggap sebagai sumber sekunder. Namun, jika Anda sedang meneliti tentang bagaimana sejarawan melihat Perang Dunia II, buku tersebut menjadi sumber primer.

Mengapa Sumber Sekunder Penting?

Mengapa kita harus memahami dan menggunakan sumber sekunder? Ada beberapa alasan:

  1. Memberikan Konteks: Sumber sekunder membantu pembaca memahami konteks sejarah, budaya, atau teoritis dari sebuah fenomena atau peristiwa.
  2. Menginterpretasikan dan Mengulas: Sumber sekunder biasanya memberikan interpretasi atau penjelasan tentang sumber primer. Ini memungkinkan kita untuk melihat dari sudut pandang berbeda dan membantu kita memahami lebih dalam topik yang kita pelajari.
  3. Menghubungkan dengan Tema Lain: Sumber sekunder seringkali menghubungkan suatu topik dengan tema-tema lain dalam disiplin ilmu yang sama atau berbeda. Dengan ini, kita bisa mengetahui hubungan antara berbagai fenomena dan peristiwa.

Menemukan dan menggunakan sumber sekunder dengan benar adalah keterampilan penting yang dapat membantu membuat penulisan kita lebih kaya dan mendalam. Namun, juga penting untuk selalu memverifikasi keandalan dan validitas sumber sekunder yang kita gunakan.

Jadi, jawabannya apa? Sumber yang berasal dari orang kedua disebut sumber sekunder yang berfungsi untuk memberikan interpretasi, analisis, atau komentar tentang sumber primer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *