Ilmu

Pertumbuhan Tumbuhan yang Cepat di Tempat Gelap Disebut

×

Pertumbuhan Tumbuhan yang Cepat di Tempat Gelap Disebut

Sebarkan artikel ini

Tumbuhan memiliki kemampuan menakjubkan untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan. Salah satu proses adaptasi yang mungkin tidak kita sadari dan mengundang keheranan adalah pertumbuhan tumbuhan yang cepat di tempat gelap. Pertumbuhan ini memiliki istilah khusus dalam biologi. Pertumbuhan tumbuhan yang cepat di tempat gelap disebut etiolasi.

Apa itu Etiolasi?

Etiolasi adalah proses adaptasi tumbuhan ketika tumbuhan dipapar pada kondisi gelap atau kekurangan cahaya. Istilah ini merujuk pada kondisi dimana tumbuhan mengalami pertumbuhan yang tidak normal biasanya ditandai dengan pucat, lemah, dan panjang. Fenomena ini mirip dengan apa yang sering kita lihat pada tumbuhan yang tumbuh di bagian-bagian rumah yang kurang cahaya matahari.

Tumbuhan yang mengalami etiolasi biasanya panjang dan ramping, daunnya berukuran lebih kecil dan pucat, serta batangnya tidak perkasa. Tumbuhan tersebut ‘membentang’ mencari cahaya karena proses fotosintesis tidak dapat berlangsung dengan normal pada kondisi gelap. Sehingga, tumbuhan tersebut tumbuh lebih cepat ke arah dan di tempat yang memiliki sumber cahaya.

Bagaimana Proses Etiolasi Terjadi?

Saat tumbuhan ditempatkan di lingkungan yang gelap, proses etiolasi dimulai. Sel-sel tumbuhan merespons kurangnya cahaya dengan merangsang produksi hormon tumbuh yang disebut auxin. Hormon ini mempengaruhi pemanjangan sel dan berkontribusi pada pertumbuhan yang cepat dan panjang.

Tidak hanya batang, tapi daun dan akar juga dipengaruhi. Daun biasanya lebih kecil dan pucat karena kekurangan klorofil, pigmen hijau yang digunakan tumbuhan untuk fotosintesis. Akarnya biasanya tumbuh lebih cepat, berusaha menemukan air dan nutrisi tambahan untuk mendukung pertumbuhan yang cepat ini.

Etiolasi adalah respon adaptif yang memungkinkan tumbuhan untuk ‘mencari’ cahaya dalam lingkungan yang gelap. Dalam kondisi alam, misalnya di hutan lebat, respon ini dapat membantu tumbuhan naik ke permukaan dan mendapatkan akses ke cahaya matahari yang diperlukan untuk fotosintesis.

Sekarang, tumbuhan yang tumbuh dengan cepat di tempat gelap bukanlah hal yang aneh. Ini hanyalah bagian dari proses adaptasi tumbuhan yang luar biasa dalam menghadapi kondisi lingkungan.

Jadi, jawabannya apa? Fenomena pertumbuhan tumbuhan yang cepat dan panjang di tempat dengan cahaya yang kurang atau gelap disebut etiolasi, yang merupakan bagian dari mekanisme adaptasi tumbuhan pada lingkungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *