Ilmu

Gereja Yesus Kristus Dari Orang-orang Suci Zaman Akhir

×

Gereja Yesus Kristus Dari Orang-orang Suci Zaman Akhir

Sebarkan artikel ini

Gereja Yesus Kristus Dari Orang-orang Suci Zaman Akhir, atau dikenal juga sebagai Mormon, adalah sebuah agama Kristen restorasionis yang didirikan oleh Joseph Smith di Amerika Serikat pada tahun 1830. Gereja ini dengan cepat menarik pengikut dengan pesan uniknya mengenai wahyu penuh dan serangkaian kitab suci tambahan yang melengkapi Alkitab.

Sejarah dan Dasar

Joseph Smith, pendiri gereja, mengklaim bahwa pada tahun 1820-an dia menerima serangkaian wahyu dari Tuhan. Dalam wahyu ini, dia diberitahu bahwa semua gereja yang ada pada masanya telah menyimpang dari ajaran asli Yesus Kristus, dan dia harus mendirikan gereja baru. Wahyu selanjutnya menerima terjemah batu bertulis langit langit yang menjadi Kitab Mormon, kitab suci tambahan gereja.

Doktrin dan Praktek

Gereja Yesus Kristus Dari Orang-orang Suci Zaman Akhir mengajarkan bahwa Alkitab dan Kitab Mormon adalah firman Tuhan. Gereja ini percaya bahwa Tuhan dan Yesus Kristus adalah dua entitas terpisah dan bahwa umat manusia dapat mencapai eksaltasi atau kehidupan abadi dalam kehadiran Tuhan melalui iman, tobat, baptisan, menerima karunia Roh Kudus, dan menjalankan perintah Tuhan sepanjang sisa hidup mereka.

Dalam prakteknya, gereja ini memberikan penekanan kuat pada keluarga, pendidikan, dan karya sukarela. Misionaris muda ditempatkan di seluruh dunia untuk menyebarkan pesan gereja. Anggota gereja juga diharapkan untuk mengikuti “Hukum Kesehatan” yang melarang konsumsi alkohol, tembakau, kopi, dan teh.

Perluasan dan Pengaruh

Sejak pendiriannya, Gereja Yesus Kristus Dari Orang-orang Suci Zaman Akhir telah tumbuh menjadi salah satu gereja yang berpengaruh di dunia, dengan jutaan anggota di seluruh dunia. Gereja ini telah berperan dalam pembentukan budaya dan komunitas di banyak wilayah, terutama di Amerika Barat. Di sisi lain, gereja ini juga telah menerima kritik dan kontroversi, termasuk tuduhan diskriminasi terhadap perempuan dan gay, dan praktek plural pernikahan dalam sejarahnya.

Bagi banyak orang, Gereja Yesus Kristus Dari Orang-orang Suci Zaman Akhir memainkan peran penting dalam pencarian mereka akan kebenaran spiritual. Bagi orang lain, gereja ini menawarkan contoh kontroversial tentang bagaimana agama dapat tumbuh dan berevolusi dalam masyarakat modern.

Jadi, jawabannya apa? Ada banyak sudut pandang dan pendapat tentang Gereja Yesus Kristus Dari Orang-orang Suci Zaman Akhir, menandakan bahwa agama adalah fenomena yang kompleks dan beragam yang terus mempengaruhi hidup manusia dalam cara yang tidak terduga dan mendalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *