Budaya

Mengapa Westerling Disebut Sebagai Si Jagal Dari Turki

×

Mengapa Westerling Disebut Sebagai Si Jagal Dari Turki

Sebarkan artikel ini

Raymond Pierre Paul Westerling ialah seorang tokoh kontroversial pada era pasca-Perang Dunia II. Aktivitas militernya di beberapa tempat, khususnya di Indonesia selama Perang Kemerdekaan membuatnya menjadi salah satu individu yang kontroversial. Salah satu julukannya yang cukup terkenal adalah “Si Jagal dari Turki”. Apakah mungkin predikat tersebut diberikan sembarangan? Apa alasan mengapa Westerling disebut sebagai Si Jagal dari Turki?

Asal-usul Westerling

Raymond Westerling lahir pada tahun 1919 di Istanbul, Turki, dari pasangan ayah Belanda dan ibu Yunani. Sejak kecil, ia sudah menunjukkan ketertarikannya pada dunia militer dan pertempuran. Sepanjang hidupnya, ia telah aktif bertugas dalam berbagai misi militer.

Westerling di Indonesia

Karir militer Westerling mencapai klimaksnya di Indonesia. Ketika Indonesia merdeka di tahun 1945, Belanda mencoba mempertahankan koloninya dengan mengirim pasukan militer, diantaranya Westerling.

Dalam struktur komando Belanda, Westerling memimpin pasukan khusus Depo Speciale Troepen (DST) yang dikenal akan brutalitasnya. Westerling dikenal dengan taktik “tembak di tempat”-nya, yang menurutnya merupakan upaya pencegahan terhadap gerakan perlawanan.

Kontroversi dan Julukan Si Jagal dari Turki

Westerling berkali-kali menghadapi tuduhan akan kejahatan perang selama berada di Indonesia. Pelanggaran hak asasi manusia dan pembantaian massal menjadi tuduhan utama yang menyebabkan Westerling mendapat julukan “Si Jagal dari Turki”. Metode penumpasan pemberontakan yang dilakukannya dengan langsung mengeksekusi diduga sebagai pelaku sering dipandang sebagai bentuk kekuasaan yang kejam dan kasar.

Julukan “Si Jagal dari Turki” bukan hanya merujuk kepada kekejamannya, tetapi juga merujuk pada kelahirannya di Turki. Julukan ini menjadi simbol kontroversi dari peran Westerling sepanjang sejarah Perang Kemerdekaan Indonesia.

Kesimpulan

Berbagai peristiwa sejarah menunjukkan bagaimana Raymond Westerling menempuh perjalanan karir militernya dengan banyak kontroversi. Kebrutalan dan cara penumpasannya terhadap pemberontakan menjadikan dirinya mendapat julukan sebagai Si Jagal dari Turki.

Maka dari itu, sebenarnya tidaklah mengherankan kenapa Westerling mendapat julukan tersebut. Taktik pembantaian langsung yang ia lakukan dan latar belakang kelahirannya di Turki jelas menyumbang bagian besar pada julukan tersebut. Jadi, jawabannya apa? Westerling mendapatkan julukan “Si Jagal dari Turki” bukan hanya dari faktor kelahiran, tetapi juga dari metode kekerasan dan brutalitasnya dalam penanganan situasi konflik militer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *