Sosial

Empat Orang Membangun Jembatan untuk Sungai dan Selesai dalam 15 Hari. Jika Jembatan Ingin Diselesaikan dalam 6 Hari, Maka Berapa Orang yang Diperlukan untuk Menyelesaikannya?

×

Empat Orang Membangun Jembatan untuk Sungai dan Selesai dalam 15 Hari. Jika Jembatan Ingin Diselesaikan dalam 6 Hari, Maka Berapa Orang yang Diperlukan untuk Menyelesaikannya?

Sebarkan artikel ini

Konsep yang paling dekat dengan pernyataan tersebut adalah hukum kerja: jika pekerjaan tetap dan jumlah pekerja melonjak, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut berbanding terbalik dengan jumlah pekerja tersebut.

Pada hal ini, kita memiliki 4 orang yang dapat menyelesaikan membangun jembatan dalam waktu 15 hari. Jika kita mempelajari hukum kerja, kita dapat mengambil pandangan alternatif bahwa pekerjaan ini memang ‘pantas’ dilakukan oleh 60 (4 orang x 15 hari) orang-hari. Dengan kata lain, jika kita memiliki 60 orang, kita akan bisa menyelesaikan pekerjaan ini dalam sehari.

Tetapi, bagaimana jika kita ingin menyelesaikan pekerjaan ini dalam 6 hari dan bukan 15 hari? Jelas kita butuh lebih banyak orang. Bagaimana kita menentukan berapa banyak orang yang kita butuhkan?

Dalam pengambilan keputusan ini, kita dapat membagi jumlah total hari kerja (60 orang-hari) dengan jumlah hari yang kita inginkan pekerjaan ini selesai (6 hari). Dengan cara ini, kita dapat menentukan berapa banyak orang yang kita perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang dibutuhkan.

Matematikanya adalah sebagai berikut: 60 orang-hari / 6 hari = 10 orang.

Yang berarti, jika kita ingin menyelesaikan pembangunan jembatan ini dalam 6 hari, kita akan memerlukan 10 orang untuk bekerja. Jadi, berdasarkan konsep kerja dan matematika sederhana, kita dapat menentukan bahwa kita akan membutuhkan 10 orang untuk menyelesaikan pekerjaan ini dalam 6 hari.

Jadi, jawabannya apa?

Jadi, jika pembangunan jembatan yang biasanya diselesaikan oleh empat orang dalam 15 hari ingin diselesaikan dalam 6 hari, maka diperlukan 10 orang untuk menyelesaikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *