Sosial

Beni Menjumlahkan Nomor-Nomor Halaman Buku yang Terdiri dari 96 Halaman adalah 4.672, Ternyata Terjadi Kekeliruan, Ada 1 Halaman yang Dihitung 2 Kali. Halaman Berapakah Itu?

×

Beni Menjumlahkan Nomor-Nomor Halaman Buku yang Terdiri dari 96 Halaman adalah 4.672, Ternyata Terjadi Kekeliruan, Ada 1 Halaman yang Dihitung 2 Kali. Halaman Berapakah Itu?

Sebarkan artikel ini

Buku adalah sumber ilmu dan pengetahuan yang tak terhingga. Selain membaca isi, terkadang kita juga melakukan aktivitas lain terkait buku, seperti halnya apa yang dilakukan oleh Beni yang dapat menghasilkan sebuah teka-teki menarik.

Beni memiliki sebuah buku yang mempunyai total 96 halaman. Suatu saat, Beni mencoba melakukan sebuah aktivitas unik. Ia menjumlahkan semua angka dari halaman buku tersebut, mulai dari halaman 1 hingga 96 dan mendapatkan hasil penjumlahan sebesar 4.672. Namun, hari berikutnya Beni menemukan bahwa ternyata ada satu kesalahan dalam penjumlahan tersebut. Ada 1 halaman yang dihitung dua kali. Nah, muncul pertanyaan, halaman berapakah yang dihitung dua kali oleh Beni?

Untuk menjawabnya, perlu kita kenali dulu rumus penjumlahan deret aritmatika, dikarenakan nomor halaman buku tersebut membentuk sebuah deret aritmetika. Rumus penjumlahan deret aritmatika adalah (n/2)*(a + b), dimana n adalah total halaman (96 halaman), a adalah halaman pertama (1) dan b adalah halaman terakhir (96). Jika kita rumuskan, maka (96/2) * (1 + 96) = 4.656.

Dengan menggunakan rumus tersebut, kita seharusnya mendapatkan jumlah seluruh halaman adalah 4.656. Namun, Beni mendapatkan jumlah total adalah 4.672. Jika kita kurangi jumlah yang Beni dapatkan dengan hasil penjumlahan deret aritmetika seharusnya, 4.672 – 4.656, kita mendapatkan selisih sebanyak 16.

Angka 16 tersebut merupakan halaman yang dihitung dua kali oleh Beni. Angka ini didapatkan dari penjumlahan di atas. Jadi, halaman yang dihitung dua kali oleh Beni dalam buku 96 halamannya adalah halaman ke-16.

Jadi, jawabannya apa? Halaman yang dihitung dua kali oleh Beni adalah halaman ke-16.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *