Ilmu

Struktur Berupa Lipatan pada Usus Halus yang Meningkatkan Penyerapan Nutrisi Disebut Apa?

×

Struktur Berupa Lipatan pada Usus Halus yang Meningkatkan Penyerapan Nutrisi Disebut Apa?

Sebarkan artikel ini

Usus halus merupakan organ vital dalam sistem pencernaan manusia. Ia berfungsi untuk menerima makanan yang telah dicerna oleh lambung, lalu melanjutkan proses pencernaan hingga penyerapan nutrisi. Bentuk fisik usus halus ditandai dengan adanya struktur lipatan-lipatan. Struktur berlipat ini memainkan peran penting dalam penyerapan nutrisi karena lipatan tersebut meningkatkan luas permukaan bagian dalam usus halus. Tetapi, apa nama spesifik dari struktur lipatan tersebut?

Vilus dan Mikrovilus: Struktur Spesial Usus Halus

Struktur berupa lipatan pada usus halus yang meningkatkan penyerapan nutrisi disebut vilus (singular: vilus, plural: villi). Vilus adalah struktur mikroskopis berbentuk jari-jari (finger-like) yang memanjang dari lapisan epiteli usus halus, yang menambah luas permukaan usus untuk meningkatkan penyerapan nutrisi.

Di permukaan setiap vilus, ada struktur lain yang lebih kecil dan lebih lembut yang disebut mikrovilus. Mikrovilus merupakan perpanjangan sel di permukaan vilus yang melipatgandakan kapasitas penyerapan nutrisi.

Fungsi Lain dari Vilus dan Mikrovilus

Selain meningkatkan proses penyerapan, vilus juga memiliki kapiler darah dan sistem limfatik yang disebut laktial, yang berfungsi untuk mentransfer nutrisi ke seluruh tubuh. Semua nutrisi ini, kecuali lemak, diserap oleh kapiler darah di dalam vilus. Sementara itu, lemak diserap oleh laktial dan kemudian dimasukkan ke dalam sirkulasi darah.

Kesimpulan

Maka, struktur berupa lipatan pada usus halus yang meningkatkan penyerapan nutrisi disebut vilus dan mikrovilus. Dengan bantuan struktur ini, tubuh kita mampu menyerap nutrisi dengan efisien dan efektif. Kita harus selalu berusaha menjaga kesehatan sistem pencernaan kita dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan sehat, serta melakukan olahraga secara teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *