Diskusi

Studi Kelayakan Pasar Bagi Usaha Baru Harus Dilakukan dengan Tujuan Untuk

×

Studi Kelayakan Pasar Bagi Usaha Baru Harus Dilakukan dengan Tujuan Untuk

Sebarkan artikel ini

Ketika merencanakan untuk memulai usaha, pengetahuan dan pemahaman tentang pasar target sangat penting. Dalam hal ini, studi kelayakan pasar menjadi langkah penting yang harus dilakukan. Namun, apa sebenarnya tujuan dari studi kelayakan pasar tersebut? Berikut pemaparannya.

Menjamin Ketersediaan Pasar

Tujuan pertama dan yang paling fundamental adalah untuk menjamin bahwa pasar bagi produk atau jasa yang akan ditawarkan memang ada. Adanya pasar ini berarti ada permintaan yang cukup kuat terhadap produk atau jasa tersebut. Dengan demikian, usaha baru yang akan dibuka memiliki dasar yang kuat untuk berkembang dan melaju.

Menganalisis Permintaan dan Penawaran

Studi kelayakan pasar juga bertujuan untuk menganalisis permintaan dan penawaran yang berlaku di pasar. Perubahan trend, pola konsumsi, harga, dan faktor-faktor lainnya perlu dipahami dan dianalisis untuk memastikan bahwa usaha yang akan dibuka dapat memenuhi permintaan pasar dan mampu bersaing dalam menjalankannya.

Mengidentifikasi dan Memahami Kompetitor

Setiap usaha tentu memiliki kompetitor. Melalui studi kelayakan pasar, dapat diidentifikasi siapa saja kompetitor yang ada dan bagaimana strategi mereka dalam menjalankan usaha. Pemahaman ini penting untuk mempersiapkan dan menentukan strategi yang akan digunakan dalam menghadapi kompetisi dalam pasar.

Menentukan Lokasi Bisnis

Pengetahuan tentang pasar yang didapatkan dari studi kelayakan pasar juga berperan penting dalam menentukan lokasi usaha baru. Setiap lokasi memiliki karakteristik pasar yang berbeda. Oleh karena itu, potensi pasar ini akan sangat mempengaruhi keberlanjutan usaha.

Menyusun Strategi Pemasaran

Setelah memahami pasar dan kompetitor, studi kelayakan pasar juga berperan dalam menyusun strategi pemasaran. Strategi ini adalah langkah-langkah konkret yang akan dilakukan untuk memenangkan persaingan di pasar.

Mengelola Risiko

Terakhir, tujuan dari studi kelayakan pasar adalah untuk mengelola risiko. Dengan memahami pasar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, dapat diidentifikasi beberapa risiko yang mungkin terjadi. Melalui identifikasi ini, lalu dapat ditentukan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengelola dan minimize risiko tersebut.

Sebagai penutup, studi kelayakan pasar adalah proses pengetahuan dan pemahaman tentang pasar yang akan dijalankan oleh usaha baru. Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa usaha yang akan dibuka memiliki prospek yang baik, dapat bersaing di pasar, dan memiliki strategi yang tepat untuk menghadapinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *