Sekolah

Apabila Tidak Terdapat Air, Maka Bersuci untuk Menghilangkan Hadas Kecil

×

Apabila Tidak Terdapat Air, Maka Bersuci untuk Menghilangkan Hadas Kecil

Sebarkan artikel ini

Pengantar

Air merupakan salah satu unsur terpenting dalam kehidupan manusia, termasuk dalam penerapan ibadah dan kebersihan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Islam, air sangat penting dalam ritual bersuci atau thawaf. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara bersuci yang benar dalam kondisi ketika air tidak tersedia.

Hadas Kecil: Definisi

Hadas kecil terjadi ketika seseorang berada dalam keadaan najis (kotoran) setelah melakukan aktivitas sehari-hari yang membatalkan wudhu, seperti buang air kecil/air besar, mengeluarkan angin, tidur berselimut, bersentuhan anggota badan, dan lain-lain. Dalam kondisi hadas kecil, seseorang perlu bersuci agar dapat melaksanakan ibadah yang menggunakan wudhu, seperti solat.

Tayammum: Solusi Menghadapi Ketiadaan Air

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan apabila seseorang tidak menemukan air untuk bersuci. Di antaranya adalah dengan melakukan tayammum.

Tayammum adalah cara bersuci yang diperbolehkan jika kita tidak bisa menemukan air atau dalam keadaan darurat dan sulit untuk mendapatkan air. Cara ini merupakan pengganti wudhu dan mandi yang sah demi menjaga kebersihan diri sebelum melakukan ibadah, seperti solat maupun menjalankan ibadah-ibadah yang lain yang mensyaratkan wudhu.

Prosedur Tayammum

Berikut ini adalah langkah-langkah tayammum yang diambil dari dalil-dalil syar’i:

  1. Niat: niat dalam hati untuk menghilangkan hadas kecil dengan tayammum karena tidak adanya air. Niat ini dilakukan sesuai dengan hadas yang dialami, baik hadas kecil maupun hadas besar.
  2. Memukul kedua telapak tangan ke tanah atau benda yang mengandung debu dengan penuh keyakinan bahwa tayammum tersebut sah menggantikan wudhu atau mandi.
  3. Membersihkan (menyapukan) wajah dengan kedua belah tangan sebanyak sekali usapan.
  4. Membersihkan (menyapukan) kedua tangan dari ujung jari hingga sikut sebanyak sekali usapan.

Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi dalam Tayammum

Adapun syarat-syarat tayammum yang harus dipenuhi adalah:

  1. Terhalang mendapatkan air atau susah mencari air untuk keperluan wudhu atau mandi.
  2. Mencari air dengan sungguh-sungguh hingga diyakini telah mencukupi.
  3. Menggunakan tanah atau benda yang mengandung debu, tanah yang digunakan harus suci, tidak ada najis.
  4. Tayammum harus dikerjakan dengan tertib.
  5. Harus sudah memasuki waktu ibadah yang mensyaratkan wudhu dan tayammum.

Kesimpulan

Ketiadaan air memang bisa menjadi kendala dalam menjalani ibadah, namun Islam telah memberikan solusi dengan tayammum yang memudahkan kita untuk tetap menjalankan kewajiban ibadah. Sebagai umat yang taat, kita perlu mengetahui dan praktik cara-cara tayammum yang sah supaya kita bisa memenuhi syarat kebersihan untuk melaksanakan ibadah dengan baik dan sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *