Budaya

Suatu Sistem Norma Ilahi yang Mengatur Hubungan Manusia dengan Tuhan, Hubungan Manusia dengan Sesama Manusia, serta Hubungan Manusia dengan Alam Lainnya Disebut Dengan

×

Suatu Sistem Norma Ilahi yang Mengatur Hubungan Manusia dengan Tuhan, Hubungan Manusia dengan Sesama Manusia, serta Hubungan Manusia dengan Alam Lainnya Disebut Dengan

Sebarkan artikel ini

Salah satu karakteristik yang menonjol dari umat manusia, yang membedakannya dari makhluk lainnya di alam semesta, adalah kemampuannya dan keinginannya untuk hidup dalam hubungan. Manusia.livean terhubung; dengan pencipta mereka, dengan satu sama lain dan dengan alam semesta di sekitar mereka. Suatu sistem norma ilahi ada yang mengatur semua hubungan tersebut. Hal ini biasanya disebut dengan agama atau lebih spesifik dengan pandangan dunia spiritual atau relijius.

Dalam konteks ini, agama adalah sistem norma ilahi yang mengatur hubungan antara individu dan Tuhan, antara individu dengan sesama manusia dan antara individu dan alam semesta.

Hubungan Manusia dengan Tuhan

Dalam hampir semua agama, hubungan antara manusia dan Tuhan adalah pusat. Bisa dibilang, inilah hubungan yang paling utama dalam sistem norma agama. Dari sini segala pandangan dan norma perilaku berasal dan dipandu. Minggu-minggu khusus, doa-doa, ibadah, pengetahuan bahkan penekanan pada moral dan etika semuanya berakar pada relasi ini.

Hubungan Manusia dengan Sesama Manusia

Hubungan manusia dengan sesama manusia juga dikendalikan oleh norma-norma dalam agama. Contoh mudahnya adalah norma yang mendorong perilaku positif seperti kasih sayang, keramahan, kejujuran, dan memberi kepada yang membutuhkan. Agama juga menentukan norma negatif seperti larangan terhadap pencurian, pemerkosaan, pembunuhan, serta perilaku destruktif lainnya.

Hubungan Manusia dengan Alam Lainnya

Sejalan dengan hubungan manusia dengan Tuhan dan sesama manusia, agama juga mengatur hubungan manusia dengan alam semesta. Ini mencakup cara menangani dan merawat alam, memanfaatkan sumber daya alam, serta saling ketergantungan antara manusia dan alam. Beberapa sistem keyakinan menjelaskan bahwa alam, seperti halnya manusia, memegang kehidupan spiritual dan bahwa perawatan dan penghormatan terhadap alam dapat memiliki efek positif pada kehidupan spiritual individu.

Dengan demikian, suatu agama tidak hanya merupakan seperangkat keyakinan tentang apa yang ada di luar alam semesta atau bagaimana alam semesta ini diciptakan. Agama juga adalah sistem norma yang berasal dari Tuhan yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama manusia, dan manusia dengan alam semesta.

Jadi, jawabannya apa? Sistem norma ilahi yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam lainnya adalah agama dan pandangan spiritual atau relijius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *