Budaya

Terjemahan: Descriptive Text is a Text Which Says What a Person or a Thing is Like. Its Purpose is to Describe and Reveal a Particular Person, Place, or Thing.

×

Terjemahan: Descriptive Text is a Text Which Says What a Person or a Thing is Like. Its Purpose is to Describe and Reveal a Particular Person, Place, or Thing.

Sebarkan artikel ini

Teks deskriptif adalah teks yang menggambarkan bagaimana seseorang atau sesuatu itu seperti apa. Tujuan dari teks deskriptif adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan seseorang, tempat, atau benda tertentu.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali menemui teks deskriptif. Teks ini dapat ditemukan dalam bentuk novel, artikel, berita, iklan, dan banyak lagi. Teks deskriptif biasanya terdiri dari kalimat-kalimat yang menggambarkan karakteristik, atribut, atau ciri-ciri seseorang atau suatu objek secara detail.

Teks deskriptif merupakan salah satu jenis teks yang digunakan untuk menggambarkan objek, baik secara rinci maupun secara umum. Ada beberapa langkah yang perlu diikuti ketika menulis teks deskriptif, antara lain:

  1. Tentukan objek yang akan digambarkan.
  2. Rancang struktur teks dan tentukan poin-poin penting yang akan diungkapkan.
  3. Gunakan kalimat dan kata-kata yang jelas dan konkret untuk menggambarkan objek tersebut.
  4. Deskripsikan objek secara sistematis dan urut, misalnya dari sisi fisik, karakter, dan perilaku (jika objek adalah seseorang).
  5. Tinjau kembali teks yang telah dibuat dan revisi jika diperlukan.

Contoh teks deskriptif:

Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu kebun binatang tertua dan terbesar di Indonesia. Berlokasi di kota Surabaya, kebun binatang yang luas ini menampilkan berbagai spesies hewan dari berbagai habitat, seperti hutan hujan tropis, sabana, dan lingkungan laut. Kebun Binatang Surabaya juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk para pengunjung, seperti restoran, tempat bermain anak-anak, dan area piknik.

Pada contoh di atas, penulis mendeskripsikan Kebun Binatang Surabaya dengan mengungkapkan batasan geografis, spesies hewan yang ada, dan fasilitas yang tersedia di dalamnya. Hal ini membuat pembaca dapat membayangkan dan merasakan suasana Kebun Binatang Surabaya, seolah-olah mereka benar-benar hadir di tempat tersebut.

Jadi, jawabannya apa? Teks deskriptif adalah teks yang menggambarkan bagaimana seseorang atau sesuatu itu seperti apa. Tujuan dari teks deskriptif adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan seseorang, tempat, atau benda tertentu. Selain itu, teks ini juga dapat memperkaya imajinasi dan pengalaman pembaca sehingga lebih mudah untuk memahami suatu objek yang dijelaskan dalam teks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *