Budaya

Apa yang Membuat Indonesia Tetap Membutuhkan Pembangunan dalam Demokrasi, Meski Indonesia Telah Merdeka Dari Kolonialisme?

×

Apa yang Membuat Indonesia Tetap Membutuhkan Pembangunan dalam Demokrasi, Meski Indonesia Telah Merdeka Dari Kolonialisme?

Sebarkan artikel ini

Indonesia, dengan statusnya sebagai negara berdaulat sesudah berhasil membebaskan diri dari belenggu penjajahan, masih membutuhkan pembangunan berkelanjutan dalam sistem demokrasinya. Meski menjadi negara merdeka sejak 1945, sebagai negara berkembang, Indonesia masih perlu terus melakukan pembangunan dalam berbagai aspek dalam demokrasi. Beberapa faktor yang berperan antara lain:

Pengetahuan Politik

Demokrasi tidak hanya sekedar tentang memberikan suara dalam pemilihan umum. Demokrasi juga melibatkan pemahaman dan partisipasi aktif masyarakat dalam proses politik dan kebijakan publik. Namun, tingkat pengetahuan politik masyarakat Indonesia dinilai masih cukup rendah. Oleh karena itu perlu peningkatan kapasitas dan pengetahuan politik melalui pendidikan dan sosialisasi yang lebih baik.

Pengawasan Utama dan Mengatasi Korupsi

Transparansi dan akuntabilitas adalah dua pilar utama yang harus diperkuat dalam sistem demokrasi. Sayangnya, masalah korupsi masih mewabah dan merusak kepercayaan publik atas sistem ini. Langkah awal membangun demokrasi yang sehat adalah dengan memerangi korupsi secara efektif dan konsisten.

Penguatan Lembaga Negara

Peningkatan peran dan kualitas kerja lembaga negara demokratis sangat penting. Pembangunan dalam demokrasi tidak hanya terkait dengan legislatif, eksekutif, dan yudikatif, tetapi juga dengan lembaga ombudsman, komisi pemilihan umum, komisi antikorupsi, dan entitas serupa lainnya. Penguatan kapasitas dan fungsionalitas lembaga-lembaga ini menjadi penting untuk menciptakan tata kelola yang baik.

Pendidikan Demokrasi

Indonesia membutuhkan pendidikan demokrasi yang utuh pada semua tingkat pendidikan. Tujuan utama dari pendidikan demokrasi adalah untuk membentuk warga negara yang terinformasi dengan baik dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan demokrasi. Pendidikan demokrasi ini tidak hanya seharusnya mengajarkan tentang hak-hak dan kewajiban, tetapi juga tentang nilai-nilai demokrasi, seperti toleransi, pluralisme, dan penghargaan terhadap perbedaan pendapat.

Kesimpulan

Dengan kata lain, merdeka dari kolonialisme adalah hanya tahap awal perjuangan Indonesia. Perjuangan untuk menjadi negara demokratis berfungsional sepenuhnya masih berlanjut hingga hari ini. Sangat penting bagi Indonesia untuk terus berusaha sekuat tenaga dalam upaya membangun, memperkuat, dan memperbaiki sistem demokrasinya agar dapat mencapai visi dan misi negara. Dengan ini, dapat terwujud Indonesia yang adil, makmur, sejahtera dan berdaulat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *