Sosial

DNA yang Mengandung Informasi Genetik Suatu Makhluk Hidup yang Akan Diturunkan kepada Keturunannya Terdapat di Dalam

×

DNA yang Mengandung Informasi Genetik Suatu Makhluk Hidup yang Akan Diturunkan kepada Keturunannya Terdapat di Dalam

Sebarkan artikel ini

DNA (Deoxyribonucleic Acid) merupakan material genetik yang terdapat dalam sel-sel organisme hidup yang unik bagi setiap individu. DNA memiliki peran yang sangat penting bagi makhluk hidup karena informasi genetik yang diandungnya menentukan ciri-ciri fisik dan fisiologis serta berperan dalam pewarisan gen kepada generasi selanjutnya.

Tempat Penyimpanan DNA

DNA disimpan dalam spesifik bagian dari sel yang dikenal sebagai inti sel atau nucleus. Selain pada inti sel, DNA juga ditemukan dalam mitokondria, organ sel yang dikenal sebagai “dynamo selular” yang berfungsi menyediakan energi bagi sel.

Struktur DNA

DNA memiliki struktur berupa heliks ganda yang terdiri dari dua untai polinukleotid. Setiap untai berpasangan membentuk tatanan yang mirip tangga spiral. Disetiap anak tangga terdapat pasangan basa nitrogen yang terdiri dari Adenin-Thymin dan Guanin-Cytosin. Pasangan basa inilah yang membawa informasi genetik.

Bagaimana DNA Menyimpan Informasi Genetik?

Informasi genetik pada DNA disimpan dalam susunan basa nitrogen yang tersusun secara spesifik pada untai DNA. Susunan basa inilah yang kemudian membentuk gen atau bagian dari DNA yang membawa instruksi untuk protein.

Setiap gen memiliki petunjuk pengkodean untuk membuat protein yang spesifik. Protein inilah yang kemudian berperan dalam pembentukan ciri-ciri fisik dan fisiologis suatu organisme.

Pewarisan Informasi Genetik

Proses pewarisan informasi genetik dari orang tua kepada keturunannya dilakukan melalui pembelahan sel. Dalam proses pembelahan sel (meiosis dan mitosis), DNA akan mengalami replikasi sehingga setiap sel anak yang terbentuk memiliki salinan lengkap dari DNA sel induknya.

Salinan DNA yang diturunkan ini kemudian mengandung informasi genetik yang akan menentukan ciri fisik dan fisiologis individu baru atau keturunan. Hal ini menjelaskan bagaimana ciri-ciri orang tua dapat diturunkan atau muncul pada keturunannya.

Dengan demikian, DNA berperan sebagai media penyimpan dan pewaris informasi genetik pada makhluk hidup. Meski kecil dan tak terlihat mata, namun peranan DNA sangatlah besar dalam menentukan keragaman spesies dan pewarisan sifat pada makhluk hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *