Budaya

Menu untuk Menghubungkan Teks dengan Objek yang Menjadi Bagian Naskah dalam Dokumen yang Sama Adalah

×

Menu untuk Menghubungkan Teks dengan Objek yang Menjadi Bagian Naskah dalam Dokumen yang Sama Adalah

Sebarkan artikel ini

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, berbagai macam fitur baru dalam proses penulisan dokumen digital memiliki fungsi yang sangat membantu. Salah satu fitur tersebut adalah para penulis dapat menghubungkan teks mereka dengan objek tertentu dalam naskah dokumen yang sama. Menu yang digunakan untuk menghubungkan teks dengan objek dalam dokumen yang sama biasanya bernama Hyperlink atau Link.

Pengertian Hyperlink

Dalam pekerjaan sehari-hari, kita seringkali menemukan teks yang jika diklik akan diarahkan ke halaman lain, baik itu halaman lain dalam dokumen yang sama, maupun ke situs web lain. Teks tersebut disebut dengan hyperlink. Dengan kata lain, Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan objek atau dokumen lain ke dalam teks yang sedang kita tulis.

Cara Membuat Hyperlink di Berbagai Platform Penulisan

  1. Microsoft Word: Untuk membuat hyperlink dalam dokumen Microsoft Word, pilih teks atau gambar yang ingin dihubungkan, lalu klik kanan dan pilih ‘Hyperlink’. Di jendela ‘Insert Hyperlink’, pengguna bisa memilih lokasi dalam dokumen yang sama atau URL web untuk menghubungkan teks tersebut.
  2. Google Docs : Sama seperti di Microsoft Word, klik kanan pada teks atau gambar yang ingin dihubungkan dan pilih ‘Link’. Pengguna juga dapat menggunakan pintasan keyboard ‘Ctrl + K’ untuk membuka jendela ‘Insert link’.
  3. Markdown : Untuk membuat hyperlink di Markdown, gunakan format [teks link](url). Misalnya, [Google](http://www.google.com) akan menghasilkan link ke Google dengan teks ‘Google’.

Fitur ini membantu penulis dan pembaca untuk meringkas dan mengatur informasi dengan lebih baik. Informasi penting dapat langsung dihubungkan kepada teks terkait, dan pembaca tidak perlu mencari informasi tersebut secara manual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *