Sosial

Perintah Shortcut Keyboard untuk Menyeleksi Semua Area Tulisan Pada Aplikasi Microsoft Office Word

×

Perintah Shortcut Keyboard untuk Menyeleksi Semua Area Tulisan Pada Aplikasi Microsoft Office Word

Sebarkan artikel ini

Microsoft Office Word adalah program yang sering digunakan hampir di semua bidang pekerjaan, pendidikan dan kebutuhan pribadi lainnya. Mengingat pentingnya program ini, mengetahui berbagai shortcut atau jalan pintas pada keyboard sangat memudahkan dan mempercepat pekerjaan. Salah satu shortcut yang penting dan seringkali digunakan adalah perintah untuk menyeleksi (memilih) semua area tulisan yang ada dalam dokumen.

Shortcut Keyboard di Microsoft Word

Shortcut keyboard adalah kombinasi dari dua atau lebih tombol yang, jika ditekan bersamaan, akan melaksanakan sebuah perintah atau fungsi yang biasanya memakan waktu lebih lama jika dilakukan melalui mouse atau melalui menu toolbar.

Informasi mengenai shortcut ini biasanya tersedia dalam bantuan program (help menu), namun tentunya jauh lebih efisien jika pengguna langsung menghafalnya untuk mempersingkat waktu kerja.

Seleksi Semua Area Tulisan

Perintah shortcut keyboard untuk menyeleksi semua area tulisan pada aplikasi Microsoft Office Word adalah Ctrl+A. Saat Anda menekan tombol ‘Ctrl’ dan tombol ‘A’ secara bersamaan, semua teks, gambar, tabel dan elemen lainnya dalam dokumen yang sedang Anda buka akan dipilih. Jika dilakukan melalui menu, perintah ini tersedia di menu ‘Home’, sub-menu ‘Editing’, dan perintah ‘Select All’.

Shortcut ini sangat berguna saat Anda ingin mengubah format seluruh dokumen, menghapus isi dokumen, atau menyalin/memindahkan keseluruhan isi dari satu dokumen ke dokumen lain.

Kesimpulan

Memanfaatkan shortcut keyboard dalam penggunaan aplikasi Microsoft Office Word dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Salah satu shortcut yang penting untuk dihapal dan sering digunakan adalah perintah Ctrl+A untuk menyeleksi semua area tulisan dalam dokumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *