Ilmu

Munculnya Bentuk-Bentuk Penyimpangan Sosial Baru Yang Lebih Kompleks Merupakan Dampak Negatif Dari

×

Munculnya Bentuk-Bentuk Penyimpangan Sosial Baru Yang Lebih Kompleks Merupakan Dampak Negatif Dari

Sebarkan artikel ini

Penyimpangan sosial adalah perilaku atau tindakan yang melanggar aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat. Dewasa ini, kita dapat melihat fenomena munculnya bentuk-bentuk penyimpangan sosial baru yang lebih kompleks. Perkembangan ini sangat erat kaitannya dengan dampak negatif dari berbagai faktor, seperti globalisasi, perkembangan teknologi, dan perubahan sosial budaya.

Dampak Globalisasi

Globalisasi memiliki dampak yang sangat luas, termasuk dalam hal munculnya bentuk-bentuk baru dari penyimpangan sosial. Proses globalisasi memudahkan informasi dan komunikasi antar individu dan kelompok masyarakat di berbagai belahan dunia tanpa terhalang jarak dan waktu. Berbagai nilai dan tingkah laku dapat dengan mudah ditiru dan diterima tanpa mempertimbangkan efek negatifnya.

Salah satu contoh adalah peningkatan konsumsi alkohol dan narkoba. Kedua bentuk perilaku ini dianggap sebagai tanda dari gaya hidup modern dan sering dipromosikan melalui berbagai media massa. Akibatnya, banyak individu, khususnya generasi muda, yang ekspose tinggi terhadap pengaruh negatif ini dan munculah bentuk-bentuk baru penyimpangan sosial yang lebih kompleks.

Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi, khususnya internet, juga memberikan dampak negatif pada munculnya penyimpangan sosial baru yang lebih kompleks. Misalnya, cybercrime yang menjadi salah satu bentuk penyimpangan sosial baru. Perilaku ini mencakup berbagai tindakan ilegal yang dilakukan melalui internet, seperti penipuan online, pencurian identitas, pembobolan sistem keamanan, dan pelanggaran hak cipta.

Di sisi lain, media sosial telah menjadi platform bagi pelaku untuk menyebarkan konten negatif, pornografi, dan kekerasan. Ini menjadi ‘tempat’ yang memungkinkan terjadinya perilaku bully dan pelecehan seksual secara virtual.

Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya juga menjadi faktor penting yang melatarbelakangi munculnya bentuk-bentuk baru dari penyimpangan sosial yang lebih kompleks. Nilai-nilai dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Misalnya, norma tentang pernikahan dan hubungan seksual pranikah. Di masyarakat modern, norma ini cenderung mengalami pergeseran sehingga menciptakan ruang bagi munculnya berbagai bentuk penyimpangan sosial baru seperti tindakan seksual bebas dan seks bebas di kalangan remaja.

Penutup

Secara keseluruhan, globalisasi, perkembangan teknologi, dan perubahan sosial budaya menjadi faktor yang mempengaruhi munculnya bentuk-bentuk penyimpangan sosial baru yang lebih kompleks. Untuk mengatasi fenomena ini, bukan hanya pendekatan hukum dan penegakan aturan yang dibutuhkan, tetapi juga pendidikan moral dan karakter, serta penanaman nilai-nilai dan norma sosial yang baik dalam masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *