Diskusi

Latihan Vokal yang Berguna untuk Menyanyikan Lagu-lagu yang Memiliki Jangkauan Nada yang Panjang

×

Latihan Vokal yang Berguna untuk Menyanyikan Lagu-lagu yang Memiliki Jangkauan Nada yang Panjang

Sebarkan artikel ini

Jangkauan nada atau dalam bahasa Inggris disebut vocal range adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan min-max variasi nada yang bisa dihasilkan oleh suatu alat musik atau secara khusus oleh vokal manusia. Dalam konteks nyanyi, jangkauan nada berarti variasi nada terendah sampai nada tertinggi yang bisa dinyanyikan oleh seorang penyanyi tanpa menimbulkan rasa sakit atau tekanan pada alat suara.

Berikut beberapa latihan vokal yang bisa digunakan untuk menambah jangkauan nada dalam menyanyi:

1. Lip Trill

Tidak lain adalah latihan sederhana tapi efektif yang dibuat dengan meniup udara melalui bibir yang bergetar. Cara melakukannya adalah dengan naik turun melalui skala, mulai dengan nada rendah dan secara bertahap mencapai nada yang lebih tinggi. Ini akan membantu melonggarkan pita suara dan meningkatkan fleksibilitas suara.

2. Humming

Latihan ini dilakukan dengan mulut tertutup dan bernafas melalui hidung. Mulai dari nada yang rendah, lalu naik ke nada yang lebih tinggi. Latihan ini membantu dalam me-relaksasi otot-otot laring dan pita suara serta meningkatkan kontrol suara.

3. Latihan Falsetto

Falsetto adalah teknik menyanyi di mana seseorang mencapai nada tinggi dengan cara yang lebih ringan dan lebih tipis dibandingkan dengan suara kepala atau chest voice. Dengan latihan ini, kita bisa menjelajahi batas atas dari jangkauan vokal kita dan perlahan-lahan mencoba untuk memperluasnya.

4. Sirens

Teknik ini melibatkan penggunaan suara “siren” atau suara suara darurat, mulai dari nada rendah menuju nada tinggi dan sebaliknya. Hal ini membantu pita suara menjadi lebih fleksibel dan mendapatkan kontrol atas jangkauan suara yang lebih luas.

5. Latihan Breath Support

Bernyanyi diperlukan kontrol pernafasan yang baik. Dengan latihan pernafasan yang benar, kita bisa mengendalikan dan memanfaatkan seluruh jangkauan vokal kita.

Ingatlah bahwa semua jenis latihan vokal harus dilakukan dengan hati-hati dan dalam batas yang nyaman. Jangan pernah memaksa suara Anda lebih dari yang bisa ditangani. Dan juga, selalu lakukan pemanasan sebelum mulai berlatih. Latihan-latihan tersebut diharapkan dapat membantu Anda untuk meningkatkan jangkauan nada dan kualitas vokal Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *