Budaya

Fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara Bagi Bangsa Indonesia adalah Sebagai Dasar untuk Mengatur

×

Fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara Bagi Bangsa Indonesia adalah Sebagai Dasar untuk Mengatur

Sebarkan artikel ini

Pancasila sebagai dasar negara, merupakan sebuah identitas yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Pancasila berasal dari dua kata dalam bahasa Sanskerta, yakni “panca” yang berarti lima dan “sila” yang berarti prinsip atau dasar. Jadi, Pancasila secara harfiah berarti lima prinsip. Dalam konteks Indonesia, Pancasila adalah lima prinsip dasar yang memandu kebijakan dan tindakan negara.

Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Secara umum, Pancasila berfungsi sebagai:

  1. Pedoman Hidup: Pancasila menjadi pedoman hidup bagi setiap warga negara Indonesia dalam bersikap dan bertindak.
  2. Pandangan Hidup: Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia yang mencerminkan sifat, karakter, dan kepribadian bangsa.
  3. Dasar Negara: Pancasila berperan sebagai dasar falsafah dan ideologi negara yang mencakup keyakinan dan nilai-nilai yang dipegang teguh oleh bangsa Indonesia.

Jika kita lihat dari sisi integratif, fungsi Pancasila bisa digambarkan sebagai berikut:

  1. Pancasila sebagai Dasar Filsafat: Dalam konteks ini, Pancasila menjadi pandangan dunia atau cara pandang bagi bangsa Indonesia tentang alam dan kehidupan manusia. Pancasila dipakai sebagai acuan bagi warga negara Indonesia dalam bertingkah laku dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Pancasila sebagai Dasar Kebijakan Negara: Sebagai dasar negara, Pancasila digunakan sebagai acuan dalam menyusun dan menentukan kebijakan negara. Hal ini tercermin dalam berbagai hukum, peraturan perundangan-undangan, dan kebijakan pemerintah pusat maupun daerah.
  3. Pancasila sebagai Dasar Konsensus Nasional: Pancasila berfungsi sebagai dasar persatuan dan kesatuan bangsa. Sebagai satu-satunya negara di dunia yang mengakui Pancasila sebagai dasar negara, bangsa Indonesia menggunakan Pancasila sebagai alat pemersatu dan peleburan perbedaan cultural, etnis, agama, dan golongan menjadi satu kesatuan yang harmonis dan dinamis.

Dengan demikian, jelas bahwa Pancasila memiliki peran penting sebagai dasar bagi negara Indonesia dalam mengatur berbagai aspek kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi acuan dan pedoman dalam setiap tindakan dan kebijakan yang diambil oleh negara dan pemerintah. Pancasila juga menjadi dasar persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam mengelola dan mencapai tujuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *