Diskusi

Salah Satu Nilai Patriotisme dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Bidang Hankamnas Adalah

×

Salah Satu Nilai Patriotisme dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Bidang Hankamnas Adalah

Sebarkan artikel ini

Patriotisme merupakan sebuah nilai yang diperlukan dalam berbangsa dan bernegara. Mata rantai dari setiap negara adalah rakyatnya, dan kunci kesejahteraan rakyat ada pada keutuhan dan kekuatan negaranya. Untuk menjaga keutuhan dan kekuatan negara tersebut, diperlukan patriotisme yang tinggi dari masyarakatnya. Salah satu aplikasi nilai patriotisme yang bisa diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah di bidang pertahanan keamanan negara atau yang biasa disebut Hankamnas.

Hankamnas (Pertahanan dan Keamanan Nasional) merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam berbangsa dan bernegara. Tugas utamanya adalah menjaga dan melindungi kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa. Nilai patriotisme di bidang ini sangat penting karena patriotisme bukan hanya sekedar cinta tanah air tetapi juga tindakan nyata dalam upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Patriotisme di bidang Hankamnas dapat diartikan sebagai semangat dan aktifitas konkrit masyarakat dalam mendukung dan berpartisipasi dalam usaha penjagaan, pertahanan dan keamanan negara. Masyarakat tidak hanya berperan sebagai obyek yang dilindungi, tetapi juga sebagai subyek yang aktif dalam usaha pengepresan gangguan keamanan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Ada beberapa bentuk pengaplikasian nilai patriotisme dalam bidang Hankamnas, antara lain:

  • Menyokong program dan kebijakan pemerintah dalam peningkatan kualitas alutsista (alat utama sistem pertahanan).
  • Turut serta dalam kegiatan bela negara sebagai wujud partisipasi aktif dalam mempertahankan kedaulatan negara.
  • Aktif mengawasi dan melaporkan adanya potensi ancaman yang bisa membahayakan keamanan negara.

Perlunya peningkatan kualitas alutsista dan kualitas personel pertahanan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan TNI saja. Masyarakat juga memiliki peran dalam mewujudkan program tersebut. Hal ini bisa dilakukan melalui dukungan moril dan materil terhadap program peningkatan kualitas alutsista dan personel pertahanan.

Kegiatan bela negara juga menjadi media yang dapat digunakan untuk membangkitkan semangat patriotisme dalam diri masyarakat. Melalui kegiatan ini, masyarakat bisa memahami betapa pentingnya menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah negara.

Adanya sikap proaktif masyarakat dalam mengawasi dan melaporkan adanya potensi ancaman juga patut diapresiasi. Sikap ini menunjukan rasa cinta dan tanggung jawab yang tinggi terhadap negara.

Sebagai penutup, nilai patriotisme dalam bidang Hankamnas mengajarkan kita bahwa cinta tanah air bukan hanya tentang merayakan hari-hari besar nasional atau mengibarkan bendera. Lebih dari itu, patriotisme adalah tentang tindakan nyata untuk mempertahankan dan menjaga keutuhan negara dari segala bentuk ancaman dan gangguan. Dengan nilai patriotisme ini kita semakin memahami bahwa keberlanjutan hidup kita sebagai bangsa dan negara adalah tanggung jawab kita bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *