Sosial

Nilai yang Diperoleh Jika Melakukan Tembakan dari Luar Area Pertahanan Lawan dalam Bola Basket

×

Nilai yang Diperoleh Jika Melakukan Tembakan dari Luar Area Pertahanan Lawan dalam Bola Basket

Sebarkan artikel ini

Bola basket merupakan olahraga yang diminati oleh banyak orang di dunia karena dinamikanya yang menarik. Selain strategi dan kerja sama tim yang kuat, faktor penentu kemenangan juga dipengaruhi oleh keterampilan individu dalam melakukan tembakan. Ada berbagai macam jenis tembakan dalam permainan bola basket, salah satunya adalah tembakan dari luar area pertahanan lawan. Tembakan ini menghasilkan nilai tertentu yang dapat menambah poin bagi tim yang melakukan tembakan. Nilai yang didapatkan saat melakukan tembakan dari luar area pertahanan lawan dikenal dengan istilah “Three-point shot”.

Three-point Shot

Three-point shot atau lemparan tiga poin, adalah tembakan yang dilakukan dari luar garis bertanda tiga poin pada lapangan bola basket. Dalam permainan profesional, garis tiga poin berada pada jarak 7.24 meter dari ring di bagian atas dan 6.75 meter di segitiga sudut (area bersudut). Nilai yang diperoleh dari tembakan ini, seperti namanya, adalah tiga poin. Tembakan ini memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan tembakan lainnya, namun imbalan yang didapat juga lebih besar.

Strategi Three-point Shot

Strategi penggunaan three-point shot sangat bergantung pada keterampilan dan kondisi tim yang bermain. Tim dengan penembak jarak jauh yang baik biasanya akan sering menggunakan strategi ini untuk mendapatkan keuntungan dalam penambahan poin. Dengan strategi ini, tim bisa mendapatkan lebih banyak poin hanya dengan satu tembakan dan ini bisa membuat perbedaan besar dalam pertandingan yang ketat.

Sebaliknya, tim yang kurang memiliki penembak jarak jauh yang baik biasanya lebih berfokus pada tembakan dua poin dan serangan di bawah ring. Walaupun memiliki risiko yang lebih kecil, tembakan ini juga memberikan nilai yang lebih rendah.

Kesimpulan

Dalam permainan bola basket, nilai yang didapatkan saat melakukan tembakan dari luar area pertahanan lawan adalah tiga poin atau yang biasa disebut dengan three-point shot. Walaupun memiliki risiko yang tinggi, nilai yang bisa didapatkan juga cukup besar dan bisa membuat perbedaan dalam pertandingan. Oleh karena itu, pemahaman mengenai tembakan dan strategi ini sangat penting bagi tim yang ingin menang dalam permainan bola basket.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *