Diskusi

Your PHP Installation Appears to be Missing the MySQL Extension Which is Required by WordPress

×

Your PHP Installation Appears to be Missing the MySQL Extension Which is Required by WordPress

Sebarkan artikel ini

Ketika Anda menginstal WordPress dan menemui pesan kesalahan seperti ini, “Your PHP Installation Appears to be Missing the MySQL Extension Which is Required by WordPress”, bisa jadi amat membingungkan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ini biasa terjadi dan ada sejumlah cara untuk mengatasinya. Kali ini, mari kita belejar lebih jauh tentang masalah ini, serta bagaimana cara menyelesaikannya.

Memahami Masalah

Pertama, penting untuk memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan pesan kesalahan ini. PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh WordPress untuk mengatur dan menampilkan konten yang ada di database website Anda.

MySQL adalah sistem manajemen database yang digunakan oleh WordPress untuk menyimpan data website. WordPress membutuhkan ekstensi MySQL untuk PHP agar bisa berkomunikasi dengan database MySQL.

Jadi, jika Anda melihat pesan kesalahan ini, berarti instalasi WordPress Anda tidak dapat menemukan ekstensi MySQL untuk PHP. Ini secara umum berarti bahwa disana ada sesuatu yang salah dengan instalasi PHP atau konfigurasi pada server Anda.

Menyelesaikan Masalah

Berikut adalah beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk memecahkan masalah ini:

1. Memastikan Versi PHP & MySQL Anda Coacpatibel dengan WordPress

WordPress membutuhkan versi PHP & MySQL tertentu agar bisa berjalan dengan baik. Periksa persyaratan sistem WordPress saat ini dan pastikan server Anda menggunakan versi yang sesuai.

2. Memeriksa dan Menginstal Ulang Ekstensi MySQL

Jika versi PHP dan MySQL sudah sesuai persyaratan, langkah berikutnya adalah memeriksa dan menginstal ulang ekstensi MySQL pada PHP Anda. Ini mungkin memerlukan akses ke server Anda melalui SSH atau panel kontrol hosting web Anda.

3. Mengontak Dukungan Hosting Anda

Jika kedua cara diatas masih belum juga menyelesaikan masalah, pertimbangkan untuk menghubungi dukungan layanan hosting web Anda. Mereka harus dapat memeriksa konfigurasi server dan membantu Anda menginstal atau memperbarui ekstensi MySQL.

Dengan mengetahui penyebab dan cara menyelesaikannya, semoga pesan kesalahan “Your PHP Installation Appears to be Missing the MySQL Extension Which is Required by WordPress” bukan lagi menjadi masalah bagi Anda. Selalu lakukan pencadangan sebelum membuat perubahan apa pun pada situs Anda dan jangan ragu untuk meminta bantuan jika Anda merasa tidak yakin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *