Diskusi

Sebutkan Bentuk Kebijaksanaan Luqman Al Hakim Khususnya Dalam Pendidikan Kepada Seorang Anak

×

Sebutkan Bentuk Kebijaksanaan Luqman Al Hakim Khususnya Dalam Pendidikan Kepada Seorang Anak

Sebarkan artikel ini

Luqman Al Hakim memiliki reputasi yang tinggi sebagai seorang tokoh yang bijaksana, dicatat dalam Al-Qur’an dan dilestarikan dalam tradisi Islam. Kebijaksanaannya meluas hingga ke berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan anak-anak. Ada beberapa contoh signifikan yang merangkum kebijaksanaan Luqman Al Hakim dalam pendidikan anak, antara lain:

Sholat

Luqman Al Hakim memberi nasihat kepada anaknya untuk senantiasa menjaga sholatnya. Sholat bukan hanya bentuk ibadah, tetapi juga tanda rasa syukur dan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Tuhan.

"Tetapi bersusah payahlah secara serius menunaikan shalat.."(Luqman:17)

Akhlak

Luqman juga mengajarkan pentingnya nilai-nilai moral dan etika dalam hidup. Dia menekankan kepada anaknya pentingnya berbicara dengan lembut dan menjauhkan diri dari perbuatan sombong, serta memandang semua orang sama.

"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) serta janganlah berjalan di muka bumi dengan angkuh."(Luqman:18)

Kesabaran

Pentingnya kesabaran dalam menghadapi kesulitan dan tantangan juga menjadi bagian integral dari bijaksana Luqman Al Hakim dalam pendidikan anak.

"Dan bersabarlah atas apa yang menimpa kamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang memerlukan keteguhan hati."(Luqman:17)

Membangun Hubungan Baik

Membina hubungan yang baik dengan orang lain adalah bagian penting dari ajaran Luqman. Dia menekankan pentingnya melakukan baik kepada orang lain, dan menjaga hubungan yang baik dengan teman dan kerabat.

"Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapakmu..."(Luqman:14)

Tidak Membuat Keputusan Tanpa Ilmu Pengetahuan

Bagi Luqman, setiap keputusan harus didasarkan pada pengetahuan dan pemahaman yang benar. Dia mendorong anaknya untuk selalu mencari ilmu dan menggunakan pengetahuan tersebut ketika membuat keputusan.

"...Dan apabila kamu menjalankan urusan, jalankanlah urusan itu menurut pertimbangan (yang matang)." (Luqman:19)

Ringkasan dari ajaran-ajaran Luqman Al Hakim ini menunjukkan bahwa dia sangat memahami pentingnya mempersiapkan anak-anak melalui pendidikan yang bijaksana. Teaching them not only practical skills, but moral and ethical values ensures they are well-equipped for life’s challenges. His wisdom remains relevant today, offering valuable lessons in child-rearing for parents everywhere.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *