Diskusi

Dalam Surah Luqman Ayat 14, Allah SWT menginformasikan bahwa Ibu menyapih anaknya pada usia

×

Dalam Surah Luqman Ayat 14, Allah SWT menginformasikan bahwa Ibu menyapih anaknya pada usia

Sebarkan artikel ini

Surah Luqman adalah salah satu bagian dalam Al Quran yang memberikan banyak pelajaran penting kepada umat manusia. Surah ini memuat berbagai hikmah terkait dengan kehidupan sehari-hari, termasuk nasihat-nasihat yang diberikan oleh Luqman kepada anaknya. Salah satu ayat dari surah ini, yaitu ayat 14, berbicara tentang fase sehr kritis dalam kehidupan seorang anak, yaitu masa menyusui atau penyapihan.

Dalam Surah Luqman ayat 14, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembali (mu).

Pada ayat ini, Allah Swt. menekankan pentingnya menghargai jerih payah seorang ibu dalam mengandung, melahirkan, dan menyapih anaknya. Menyapih di sini diterjemahkan sebagai proses memberikan ASI kepada bayi sampai mencapai batas tertentu.

Berdasarkan penafsiran dari ayat di atas, kita diberitahu bahwa ibu menyapih anaknya pada usia dua tahun. Hal ini sesuai dengan berbagai sumber secara fisiologis, dimana pada usia dua tahun adalah masa dimana anak mulai beralih dari ASI ke makanan padat sebagai sumber utama nutrisi mereka.

Penting untuk diketahui bahwa ayat ini memberikan gambaran tentang perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh seorang ibu. Tidak hanya melalui proses kehamilan dan persalinan yang penuh tantangan, tetapi juga dalam periode menyusui selama dua tahun. Pada masa ini, ibu memenuhi semua kebutuhan nutrisi anaknya melalui ASI, yang memerlukan komitmen yang besar dan investasi energi yang signifikan.

Dalam konteks ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk selalu menghargai dan mensyukuri semua jerih payah yang telah dilakukan oleh kedua orang tua kita, terutama ibu, karena mereka telah berkontribusi besar dalam pertumbuhan dan perkembangan kita.

Dengan demikian, Surah Luqman ayat 14 merupakan pengingat kepada kita semua tentang nilai luhur pengorbanan seorang ibu dan pentingnya menghormati kedua orang tua kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *