Sekolah

Penggunaan Internet yang Kian Marak di Masyarakat Merupakan Contoh Globalisasi di Bidang

×

Penggunaan Internet yang Kian Marak di Masyarakat Merupakan Contoh Globalisasi di Bidang

Sebarkan artikel ini

Internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari bagi jutaan orang di seluruh dunia dan Indonesia pun tidak terkecuali. Penggunaan internet yang semakin marak dalam masyarakat merupakan contoh konkrit dari globalisasi, terutama dalam bidang teknologi.

Globalisasi dan Internet

Globalisasi didefinisikan sebagai proses integrasi dan interkoneksi antar negara dan individu di seluruh dunia. Melalui globalisasi, batas-batas geografis dan sosial menjadi semakin kabur seiring dengan bertumbuhnya komunikasi dan interaksi antar individu dari berbagai belahan dunia. Salah satu instrumen utama yang memfasilitasi globalisasi adalah internet.

Internet membuat informasi menjadi dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Dengan adanya internet, individu di seluruh dunia dapat saling berinteraksi, berbagi data, dan memahami budaya satu sama lain dengan lebih mudah.

Masyarakat dan Internet

Penggunaan internet yang semakin marak dalam masyarakat kita bisa terlihat dari berbagai hal. Mulai dari kebutuhan informasi, komunikasi, hingga transaksi online, semua berbasis internet. Hal ini mengubah cara-cara lama masyarakat berinteraksi dan bertransaksi.

Lebih lanjut, kemajuan teknologi internet juga membuka peluang bagi masyarakat untuk bekerja, belajar, berbelanja, dan hiburan dari mana saja dan kapan saja. Fenomena ini dikenal sebagai internet of things (IoT), yang mana semua aspek kehidupan sehari-hari dapat dihubungkan dan diintegrasikan dengan internet.

Kesimpulan

Penyebaran dan pemanfaatan internet yang semakin luas di masyarakat merupakan manifestasi dari globalisasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dengan kemudahan dan kecepatan dalam mengakses dan berbagi berbagai informasi, internet telah merubah pola hidup masyarakat dan menjadikan dunia semakin terkoneksi. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan internet yang kian marak di masyarakat merupakan contoh konkret dari globalisasi di bidang teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *