Sekolah

Buatlah Sebuah Tabung Dari Kertas Karton, Beri Warna Pada Bagian Sisi Alas dan Sisi Atas

×

Buatlah Sebuah Tabung Dari Kertas Karton, Beri Warna Pada Bagian Sisi Alas dan Sisi Atas

Sebarkan artikel ini

Membuat tabung dari kertas karton mungkin tampak seperti tugas yang rumit, tetapi sebenarnya cukup mudah. Anda tidak memerlukan alat khusus atau keterampilan seni tertentu, cukup sedikit waktu dan kesabaran. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat tabung Anda sendiri dan memberi warna pada bagian sisi alas dan sisi atas.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  • Karton
  • Gunting
  • Lem
  • Penggaris
  • Pensil
  • Cat air/kertas warna/kertas kado (untuk mewarnai)

Langkah-Langkah Pembuatan

Langkah 1: Mengukur dan Memotong Karton

Gambarkan dua lingkaran pada kertas karton anda. Lingkaran pertama akan menjadi alas tabung anda, lingkaran kedua akan menjadi sisi atas. Diameter kedua lingkaran bisa ditentukan sesuai kebutuhan.

Gambarkan juga sebuah persegi panjang dengan tinggi yang sama dengan ketinggian tabung yang diinginkan dan lebarnya sama dengan keliling lingkaran yang telah diukur.

Gunakan gunting untuk memotong bentuk-bentuk yang telah digambar.

Langkah 2: Melipat dan Menyambung

Lipatlah persegi panjang karton tersebut hingga membentuk tabung. Gunakan lem untuk menyambung ujung-ujungnya. Biarkan hingga kering.

Lem bagian bawah tabung ini pada lingkaran karton yang pertama yang mana akan bertindak sebagai alas tabung, pastikan lem telah merata dan tabung menempel kokoh pada alas. Biarkan hingga kering.

Tutup tabung anda dengan lingkaran karton kedua. Anda bisa memilih untuk menempelkannya permanen atau disimpan begitu saja agar Anda bisa membuka dan menutup tabung Anda.

Langkah 3: Mewarnai

Setelah lem kering dan tabung Anda kokoh, Anda dapat mulai mewarnai. Anda bisa menggunakan cat air,kertas warna atau kertas kado. Warna-warnai daerah sisi atas dan alas dengan warna yang berbeda atau sesuai preferensi Anda.

Anda telah memiliki tabung dari kertas karton berwarna di tangan Anda!

Kesimpulan

Membuat tabung dari kertas karton bukanlah prosedur yang rumit dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Proyek ini merupakan cara yang menyenangkan dan mengasah keterampilan motorik serta kreativitas. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *