Sosial

Yang Bukan Termasuk Perilaku yang Mendukung Tegaknya Prinsip-Prinsip Demokrasi Adalah…

×

Yang Bukan Termasuk Perilaku yang Mendukung Tegaknya Prinsip-Prinsip Demokrasi Adalah…

Sebarkan artikel ini

Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat, dimana setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan atau kemampuan untuk menyatakan pendapatnya. Prinsip-prinsip demokrasi mencakup keterbukaan, keadilan, kesetaraan, dan partisipasi. Untuk menjaga dan mendukung tegaknya prinsip-prinsip demokrasi tersebut, setiap individu sepatutnya memiliki perilaku dan sikap yang sesuai. Namun, ada pula perilaku-perilaku yang justru merusak, bukan mendukung tegaknya prinsip-prinsip demokrasi. Perilaku semacam ini penting untuk disadari dan dihindari.

Berikut beberapa perilaku yang bukan termasuk dalam mendukung tegaknya prinsip-prinsip demokrasi.

Intoleransi

Perilaku yang tidak toleran terhadap perbedaan pendapat dan budaya adalah salah satu perilaku yang tidak mendukung tegaknya prinsip-prinsip demokrasi. Dalam demokrasi, seluruh warga negara memiliki hak yang sama untuk menyuarakan dan memperjuangkan pendapatnya.

Korupsi

Perilaku ini jelas bertentangan dengan prinsip-prinsip demokrasi. Korupsi memusatkan kekuasaan dan kekayaan pada sekelompok kecil orang, sekaligus menciptakan ketidakadilan sosial.

Intimidasi dan Kekerasan

Menggunakan intimidasi dan kekerasan untuk mendapatkan atau mempertahankan kekuasaan adalah perilaku yang bertentangan dengan prinsip-prinsip demokrasi. Dalam demokrasi, kekuasaan diperoleh melalui suara rakyat, bukan melalui tindak kekerasan atau pemaksaan.

Diskriminasi

Prinsip kesetaraan adalah salah satu prinsip fundamental dalam demokrasi, jadi setiap bentuk diskriminasi, baik berdasarkan ras, agama, jenis kelamin, maupun alasan lainnya, jelas bertentangan dengan prinsip-prinsip demokrasi.

Melanggar Hukum

Melanggar hukum, seperti mencuri, merusak, dan berbohong, adalah perilaku yang tidak mendukung prinsip-prinsip demokrasi. Dalam negara demokrasi, hukum diatur agar berkeadilan dan berkeadaban.

Demikian beberapa perilaku yang tidak mendukung tegaknya prinsip-prinsip demokrasi pada suatu negara. Diharapkan, dengan memahami perilaku mana saja yang tidak mendukung prinsip-prinsip demokrasi, setiap warga negara dapat berperilaku lebih baik dan mendukung tegaknya demokrasi di negara mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *