Sosial

Manakah di Bawah Ini yang Termasuk ke Dalam Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi, Kecuali?

×

Manakah di Bawah Ini yang Termasuk ke Dalam Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi, Kecuali?

Sebarkan artikel ini

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang bertujuan untuk menginformasikan atau menjelaskan topik atau subjek tertentu kepada pembaca. Teks-teks ini dibuat berdasarkan fakta dan data yang objektif, dengan struktur dan kaidah kebahasaan yang tertentu. Kaidah kebahasaan adalah sekumpulan aturan atau pedoman yang mengatur bagaimana teks tersebut ditulis dan dipresentasikan.

Dalam konteks teks eksposisi, ada beberapa kaidah kebahasaan yang biasanya ditemukan, kecuali:

Penggunaan Bahasa Figuratif

Salah satu ciri yang tidak termasuk dalam kaidah kebahasaan teks eksposisi adalah penggunaan bahasa figuratif atau bahasa kiasan. Teks eksposisi biasanya ditulis dengan bahasa yang lugas dan informatif, tidak menggunakan bahasa yang puitis atau berbelit-belit. Karena tujuan utamanya adalah untuk menjelaskan atau memberikan informasi, maka penulis harus menyampaikan pesan mereka secara jelas dan langsung.

Struktur Naratif

Teks eksposisi tidak mengikuti struktur naratif yang biasanya melibatkan pengenalan karakter, konflik, klimaks, dan resolusi. Sebaliknya, teks eksposisi biasanya akan memiliki struktur yang logis dan sistematis, dimulai dengan pernyataan umum tentang topik, diikuti oleh penjelasan lengkap, dan diakhiri dengan suatu kesimpulan atau ringkasan.

Penggunaan Opini

Meskipun penulis mungkin memiliki pendapat atau sudut pandang tentang subjek yang mereka tulis, namun dalam teks eksposisi, penulis tidak diperbolehkan memasukkan opini pribadi mereka. Semua informasi harus berdasarkan fakta dan data yang dapat diverifikasi dan dipercaya.

Tidak Mengandung Argumentasi

Berbeda dengan teks argumentatif yang mengandung argumentasi atau argumen untuk mendukung atau menentang suatu pendapat, teks eksposisi tidak memuat argumentasi. Teks eksposisi hanya fokus pada penyajian fakta dan informasi tentang suatu topik atau subjek.

Untuk memahami teks eksposisi, baik sebagai penulis maupun pembaca, sangat penting untuk mengetahui apa saja kaidah kebahasaan yang berlaku dan mana yang tidak. Dengan demikian, teks dapat dipahami dengan benar dan maksud dari penulis dapat tersampaikan dengan jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *