Budaya

Daerah Berikut Bukan Termasuk Bekas Kekuasaan Kerajaan Aceh Darussalam, Apakah Benar?

×

Daerah Berikut Bukan Termasuk Bekas Kekuasaan Kerajaan Aceh Darussalam, Apakah Benar?

Sebarkan artikel ini

Kerajaan Aceh Darussalam merupakan salah satu kerajaan Islam terbesar di wilayah nusantara pada masa lalu, yang periode keemasannya terjadi pada abad ke-16 hingga ke-17. Memiliki kekuatan militer yang kuat, Kerajaan Aceh berhasil mewujudkan dominasi atas banyak wilayah. Namun, tak semua daerah sempat berada dalam kekuasaan Kerajaan Aceh Darussalam.

Kerajaan Aceh Darussalam mencapai puncak kejayaannya di bawah pemerintahan Sultan Iskandar Muda, dimana rajanya menguasai wilayah yang luas, mulai dari ujung paling utara pulau Sumatera, sepanjang pantai timur hingga selatan, serta beberapa daerah di Semenanjung Malaya.

Namun, berikut ini merupakan beberapa daerah yang bukan termasuk bekas kekuasaan Kerajaan Aceh Darussalam:

  1. Jawa dan Bali: Walaupun kepulauan Jawa dan Bali berdekatan dengan Sumatera, tidak ada catatan sejarah yang menunjukkan bahwa Kerajaan Aceh Darussalam pernah menguasai daerah ini. Pada periode keemasan Kerajaan Aceh, kepulauan Jawa memiliki kerajaan yang kuat seperti Mataram dan Pajajaran.
  2. Kepulauan Riau-Lingga: Meskipun berada di dekat pintu masuk Selat Malaka, tidak ada bukti sejarah yang menunjukkan bahwa Kepulauan Riau-Lingga pernah menjadi bagian dari Kerajaan Aceh Darussalam.
  3. Sumatera Barat dan Selatan: Juga tidak pernah menjadi bagian dari kerajaan ini. Sumatera Barat memiliki kerajaan sendiri seperti Minangkabau dan Pagaruyung, sementara Sumatera Selatan didominasi oleh kerajaan-kerajaan seperti Jambi dan Palembang.
  4. Nusa Tenggara Barat dan Timur: Kerajaan ini terdiri dari pulau Florest, Sumba, Timor dan lainnya. Begitu juga Sulawesi, Maluku, dan Papua, yang secara geografis cukup jauh dari Aceh dan tidak pernah menjadi bagian dari Kerajaan Aceh Darussalam.

Begitu pentingnya Kerajaan Aceh Darussalam dalam sejarah Indonesia, khususnya dalam penyebaran agama Islam di nusantara. Namun, meski kuat dan memiliki wilayah yang cukup luas, kerajaan ini tidak pernah memperluas kekuasaannya ke seluruh wilayah nusantara. Bahkan di Sumatera sendiri, masih ada beberapa wilayah yang tidak pernah masuk dalam pengaruh kerajaan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *