Budaya

Di Bawah Ini Yang Bukan Merupakan Komponen Pada Server Softswitch Berbasis SIP adalah

×

Di Bawah Ini Yang Bukan Merupakan Komponen Pada Server Softswitch Berbasis SIP adalah

Sebarkan artikel ini

Protokol SIP (Session Initiation Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk menginisiasi, memodifikasi, dan mengakhiri sesi media seperti panggilan suara, video panggilan dan pesan multimedia di jaringan IP. SIP adalah bagian integral dari VoIP (Voice over IP), yang adalah teknologi yang memungkinkan suara untuk dikirim melalui internet. Softswitch adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur panggilan telepon di jaringan VoIP.

Secara umum, komponen utama dari server softswitch berbasis SIP termasuk:

  • Signal Gateway Controller (SGC): SGC adalah komponen yang mengatur koneksi antara jaringan VoIP dan jaringan telepon tradisional, yang memungkinkan panggilan dengan mudah dipindahkan antara dua jaringan tersebut.
  • Media Gateway Controller (MGC): Komponen ini bertanggung jawab atas aspek media komunikasi, seperti pengkodean suara, penanganan sinyal video dan manajemen bandwidth.
  • Call Agent atau Media Gateway Controller (MGC): MGC adalah komponen yang mengontrol setup panggilan, pemeliharaan dan pemutusan panggilan.
  • Registrasi, Luar Biasa, Dialing dan Layanan Informasi (RADIUS): RADIUS adalah protokol yang digunakan untuk mengotentikasi, otorisasi dan akuntansi (AAA) dalam jaringan.
  • Server aplikasi SIP: Server aplikasi SIP adalah komponen yang mengontrol operasi panggilan dan layanan terkait lainnya.

Namun, komponen yang tidak termasuk dalam arsitektur server softswitch berbasis SIP adalah Firewall. Firewall adalah sistem keamanan jaringan yang mengontrol dan memantau lalu lintas yang masuk dan keluar berdasarkan aturan keamanan yang telah ditentukan. Biasanya, firewall digunakan dalam konteks keamanan jaringan secara umum dan tidak spesifik untuk arsitektur softswitch berbasis SIP.

Meskipun firewall tidak secara langsung merupakan bagian dari arsitektur softswitch, itu tetap sangat penting untuk keamanan jaringan. Firewall membatasi akses ke jaringan pribadi dan melindungi dari serangan eksternal, perangkat lunak berbahaya dan penyalahgunaan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *